BLT Dana Desa 2024: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Tunjangan Bulanan Rp 300 Ribu!

Penulis:

BLT Dana Desa 2024 Sekali Lagi Tersedia untuk Warga pada April 2024. Bantuan Berupa Uang Tunai Rp 300 Ribu per Bulan Selama Setahun Diberikan untuk Mengatasi Kemiskinan Ekstrem di Indonesia, Menggunakan Dana Alokasi Khusus dari Pemerintah.

Syaratan untuk Mendapatkan BLT Dana Desa Tahun 2024

Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi penerima BLT Dana Desa 2024 :

  1. Keluarga miskin yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau yang tidak tercatat (exclusion error).

  2. Tidak menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Sembako.

  3. Terkena kehilangan pekerjaan dan tidak memiliki tabungan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup selama tiga bulan ke depan.

  4. Memiliki anggota keluarga yang rentan terkena penyakit kronis atau berkepanjangan

  5. Keluarga yang memiliki anggota yang merupakan lansia atau penyandang disabilitas yang tinggal sendiri.

Selain persyaratan diatas, beberapa desa mungkin memiliki persyaratan tambahan seperti rumah yang belum teraliri listrik, kondisi dinding yang tidak memadai, atau kesulitan akses ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau poliklinik.

Prosedur Pendaftaran sebagai Penerima BLT Dana Desa Tahun 2024

Bagi individu yang memenuhi kriteria untuk menerima BLT Dana Desa 2024, mereka dapat mengajukan permohonan melalui lembaga dan pemerintah desa terdekat. Seleksi penerima melibatkan verifikasi lapangan, evaluasi kelayakan, pembahasan oleh Badan Musyawarah Desa, dan musyawarah desa khusus.

Setelah disetujui sebagai penerima, pencairan BLT Dana Desa 2024 dilakukan oleh pemerintah desa sesuai dengan jadwal yang disesuaikan dengan kebutuhan dan prosedur di setiap desa. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk uang tunai langsung kepada penerima, sehingga tidak diperlukan pengecekan saldo rekening.

Cara Cek Penerima dan Pencairan BLT Dana Desa 2024

Untuk mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai penerima, silakan kunjungi kantor desa atau balai desa terdekat. Pastikan Anda membawa dokumen identitas resmi seperti KTP atau Kartu Keluarga saat melakukan pengecekan.


Segera Unduh Digital Desa App by DIGIDES - Aplikasi di Google Play untuk mendapatkan informasi desa ter-update atau ajukan ketertarikan DISINI dan bawa desamu menuju desa digital !!


Penulis : Nurul Fadillah

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL