Pusat Bantuan Digital Desa

Kategori

Administrasi Desa

Administrasi Umum, Penduduk, Keuangan, Pembangunan, dan Kelembagaan

Pelayanan Desa

Layanan Umum, Kependudukan, Nikah, Pertanahan

Website Profil

Profil Pemerintahan Desa, Statistik Desa, Publikasi Umum, Bank Data, Potensi dan Fasilitas Desa

Android App

Berita Desa, Marketplace, Request Persuratan, Wisata Desa, Nomor Telepon Penting

Pengaturan User

Data User, Akses User, dan Pengaturan Awal User

Pendaftaran Member

Syarat & Ketentuan dan Alur Pendaftaran

Administrasi Desa

Menambahkan Data Administrasi
  1. Klik tombol +Tambah pada bagian sebelah kanan atas layar Anda.

    tambah data administrasi digides
  2. Maka akan muncul form seperti di bawah ini. Anda wajib mengisi kolom yang mempunyai tanda bintang merah (*).

    isi kolom administrasi digides
  3. Jika telah selesai mengisi form tersebut, silakan klik tombol Simpan.

    simpan form data administrasi digides
Mencetak Data Administrasi
  1. Untuk mencetak Buku Administrasi Desa secara keseluruhan, langsung saja klik tombol Print pada sebelah kanan atas layar untuk masuk ke mode print.

    tombol print buku administrasi desa digides
  2. Setelah Anda mengklik tombol Print , Anda akan memasuki mode print seperti gambar di bawah ini. .

    mode print buku administrasi digides
    Keterangan:
    Kotak berwarna biru untuk print.
    Kotak berwarna hijau untuk export file ke Excel.
    Kotak berwarna merah untuk keluar dari mode print.
  3. Untuk mencetak aturan tertentu pada buku peraturan desa Anda bisa menggunakan filter tahun untuk memilah sesuai dengan tahunnya atau dengan menggunakan menu pencarian untuk mencari aturan yang lebih spesifik, seperti mencari berdasarkan nama peraturannya. Setelah data yang ingin Anda cetak tampil di layar, barulah klik tombol print pada bagian kanan atas.

    filter tahun buku administrasi digides
Manajemen Tanda Tangan
  1. Pada menu utama klik ikon profil kemudian pilih Pengaturan.

    halaman pengaturan digital desa
  2. Pilih menu manajemen tanda tangan.

    menu manajemen tanda tangan digital desa
  3. Arahkan petunjuk Bisa Tanda Tangan ke kanan.

    bisa tanda tangan digital desa
Menambahakan data penduduk
  1. Klik pada menu Pelayanan Administrasi Kependudukan..

    menu administrasi kependudukan digides
  2. Setelah itu klik menu Biodata Penduduk.

    lihat biodata administrasi kependudukan digides
  3. Kemudian klik fitur layanan Formulir Kartu keluarga.

    formulir kartu keluarga administrasi digides
  4. Klik menu +Tambah pada bagian sebelah kanan atas layar.

    tambah form keluarga digides
  5. Maka akan muncul form seperti di bawah ini. Anda wajib mengisi kolom yang mempunyai tanda bintang merah (*). Jika telah selesai mengisi form tersebut, silakan klik menu Simpan .

    isi kolom wajib administrasi digides

Pelayanan Desa

Menambahakan Data Penduduk
  1. Klik pada menu Pelayanan Administrasi Kependudukan.

    menu pelayanan digides
  2. Setelah itu klik menu Biodata Penduduk.

    menu biodata penduduk digides
  3. Kemudian klik fitur layanan Formulir Kartu Keluarga.

    layanan formulir kartu keluarga digides
  4. Klik tombol +Tambah pada bagian sebelah kanan atas layar.

    tambah kartu keluarga digides
  5. Maka akan muncul form seperti di bawah ini. Anda wajib mengisi kolom yang mempunyai tanda bintang merah (*). Jika telah selesai mengisi form tersebut, silakan klik tombol Simpan.

    isi form kartu keluarga digital desa
Mencetak Berkas Kependudukan
  1. Untuk mencetak berkas kependudukan seperti Formulir Kartu Keluarga, langsung saja klik tombol Cetak di ujung kanan tiap daftar formulir kartu keluarga.

    cetak formulir digides
  2. Setelah Anda mengklik menu print, Anda akan memasuki mode print seperti gambar di bawah ini.

    mode print digital desa

    Keterangan:

    • Kotak berwarna biru untuk mencetak.
    • Kotak berwarna hijau untuk mengarsipkan file.
    • Kotak berwarna orange untuk masuk ke mode pengaturan (tanda tangan, tanggal, jenis dan ukuran huruf, dan ukuran kertas)
    • Kotak berwarna merah untuk keluar dari mode print.
Pelayanan administrasi Nikah
  1. Pada menu utama pilih pelayanan

    menu pelayanan digital desa
  2. Untuk Membuat buat surat pengantar, klik + Tambah lalu Simpan sedangkan untuk mencetak. Klik cetak pada tindakan

    tambah pelayanan digides
  3. Jika ingin menambahkan isi form data surat Pengantar nikah lalu isi form

    tambah data pengantar nikah digides
  4. Kemudian simpan

    simpan form pengantar nika digides
  5. Kemudian klik print untuk mencetak

    cetak surat pengantar nikah digital desa
Pelayanan administrasi Pertanahan
  1. Pada menu pelayanan pilih menu Pelayanan Administrasi Pertanahan

    menu administrasi pertanahan digides
  2. Kemudian pilih jenis pelayanan yang dibutuhkan seperti membuat Surat keterangan kepemilikan tanah

    pelayanan administrasi tanah digides
  3. Untuk Membuat buat surat keterangan, klik + Tambah lalu Simpan sedangkan untuk mencetak. Klik cetak pada tindakan

    tambah cetak pertanahan digital desa
  4. Jika ingin menambahkan isi form data surat kepemilikan tanah Kemudian simpan

    form tambah administrasi pelayanan digides

Website Profil

Menambahkan Isi Website
  1. Pada menu utama pilih Web Profil Desa

    menu utama administrasi pelayanan digides
  2. Pilih menu sesuai dengan apa yang ingin ditambahkan seperti Berita Desa

    menu utama digital desa
  3. Klik tombol +Buat baru untuk membuat berita baru pada web

    menu berita webprofil digides
  4. Isi data berita yang akan dimasukkan

    isi berita webprofil digides
  5. Klik tombol Simpan dan terbitkan atau Simpan Ke Draft

    simpan berita web profil digides
Mengubah Informasi Pemerintahan
  1. Pada menu utama pilih Web Profil Desa

    pengaturan webprofil desa digides
  2. Pilih menu Pemerintahan

    menu web profile desa digides
  3. Isi data pada Form Pemerintahan

    isi form pemerintahan desa digides
  4. Klik tombol Simpan

    simpan form pemerintahan desa digides
Menambahkan Staf pemerintahan
  1. Pada menu utama pilih Web Profil Desa

    menu utama webprofil desa digides
  2. Pilih menu Staf Pemerintah

    menu staf webprofil desa digides
  3. Klik tombol +Buat Baru

    tambah staf webprofil desa digides
  4. Isi data pada Form Pemerintahan

    isi data form staff webprofil desa digides
  5. Klik tombol Simpan

    simpan form staff webprofil desa

Android App

Cara Mendapatkan Aplikasi DIGIDES

Aplikasi DIGIDES dapat diakses melalui website dan tersedia di Google Play Store

Membuat Akun Aplikasi DIGIDES
  1. Pada menu utama pilih Akun

    menu utama aplikasi digides
  2. Pilih Buat Akun

    buat akun aplikasi android digides
  3. Isi form sesuai data Anda

    form pembuatan akun aplikasi android digides
  4. Masukkan Kode Verifikasi dari nomor Anda

    kode verif aplikasi digides
Login Menggunakan akun DIGIDES di Android
  1. Pada menu utama pilih Akun

    menu utama aplikasi android digides
  2. Masukkan Username dan Password

    buat akun aplikasi android digides
  3. Klik tombol Login

    login aplikasi android digides
Cara mentautkan akun di aplikasi DIGIDES
  1. Buka Aplikasi DIGIDES (Digital Desa), lalu klik menu “akun” pada bagian bawah kanan layar

    menu utama aplikasi android digides
  2. Silakan lakukan login terlebih dahulu, jika belum melakukan login dengan memasukkan Username dan Password

    masukkan password dan username
  3. Klik pada bagian “Tautkan akun dengan desa anda” lalu klik “Mulai”

    login aplikasi android digides
  4. Isi semua form seperti Pilih Desa, NIK, dan No. KK

    masukkan password dan username
  5. Untuk “Foto KTP” aplikasi akan meminta izin untuk menggunakan kamera, selanjutnya arahkan kamera ke bagian depan KTP anda (gambar dibawah hanya contoh), lalu sesuaikan kotak pada edit photo dengan KTP anda

    login aplikasi android digides
  6. Untuk “Foto Selfie dengan KTP” silakan berfoto dengan memegang KTP di depan anda seperti contoh dibawah, lalu lakukan penyesuaian agar wajah dan KTP anda masuk kedalam kotak saat mengedit photo.

    login aplikasi android digides
  7. Setelah mengisi semua form dan mengupload gambar, klik tombol “Kirim” pada bagian bawah form

    login aplikasi android digides
  8. Silakan menunggu untuk persetujuan penautan akun anda hingga disetujui oleh Desa untuk dapat menggunakan fitur layanan untuk warga desa

    masukkan password dan username
  9. Saat akun anda berhasil di tautkan, silakan logout dan login kembali

    masukkan password dan username
  10. Sekarang anda dapat melihat dan mendownload biodata anda dengan cara mengklik menu "Biodata"

    masukkan password dan username
  11. Anda juga dapat mengakses menu pelayanan persuratan, dan melakukan request surat dari fitur tersebut

    masukkan password dan username

Pendaftaran Member

Alur Pendaftaran Member DIGIDES
Syarat dan Ketentuan Menjadi Member DIGIDES

Pengaturan User

Mengubah Profil
  1. Pada menu utama klik ikon profil kemudian pilih Pengaturan.

    menu aplikasi android digides
  2. Isi data profil

    isi profil aplikasi android digides
  3. Setelah itu klik tombol Simpan

    simpan profil aplikasi android digides
Manajemen Akun
  1. Pada menu utama klik ikon profil kemudian pilih Pengaturan.

    menu aplikasi digides
  2. Pilih menu Manajemen Akun dan klik tombol +Tambah User

    tambah user aplikasi digides
  3. Isi form sesuai kebutuhan

    tambah form aplikasi digides
  4. Klik tombol Simpan

    simpan akun aplikasi digides

FAQ

Apa Itu Digital Desa?

Digital Desa (DIGIDES) adalah Sistem Informasi yang dirancang untuk menangani berbagai hal dalam pengurusan dalam desa. Mulai dari administrasi dan pelayanan desa menggunakan website ataupun aplikasi pada Android. Sehingga dapat membantu masalah pelayanan desa secara komputerisasi.

Mengapa Harus Bergabung Dengan DIGIDES?

Di era modern saat ini kita tidak bisa lepas dari digitalisasi sehingga semuanya dilakukan melalui internet. Termasuk dengan pengurusan surat-surat ataupun administrasi sehingga diperlukan penunjang bagi masyarakat untuk mempermudah hal itu. DIGIDES hadir dengan berbagai fitur yang dapat membantu masyarakat desa.

Keuntungan Menggunakan DIGIDES?

Dengan bergabung bersama Digital Desa maka segala urusan administrasi, pelayanan masyarakat desa, pengurusan berkas perangkat desa, administrasi keuangan hingga administrasi pembangunan dan kas desa dapat diakses dengan mudah oleh perangkat desa maupun warga desa.

Fitur Apa Saja yang Dimiliki DIGIDES?

DIGIDES saat ini memiliki enam fitur utama diantaranya:

Administrasi Desa, Bermanfaat untuk mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, aplikasi pelayana desa, aplikasi surat menyurat desa dan lain sebagainya.

Pelayanan Desa, Mempermudah masyarakat dalam administrasi, yang meliputi pelayanan administrasi umum, kependudukan, nikah, pertanahan dan lain sebagainya.

Perpajakan (PBB-P2), layanan khusus untuk memudahkan dalam pencatatan pajak di desa Anda mulai dari rekapitulasi perpajakan, laporan perpajakan perminggu, data penerimaan harian pajak bumi dan bangunan, serta daftar himpunan ketetapan pajak dan pembayaran.

Bantuan Sosial (Bansos), layanan khusus untuk memudahkan dalam pencatatan pajak di desa Anda mulai dari rekapitulasi perpajakan, laporan perpajakan perminggu, data penerimaan harian pajak bumi dan bangunan, serta daftar himpunan ketetapan pajak dan pembayaran.

Website Profil Desa, Kami membantu Anda untuk memiliki dan memaksimalkan halaman website profil desa yang memuat berbagai konten menarik dan penting untuk dibaca, mulai dari profil pemerintahan, publikasi kegiatan, data statistik, sampai dengan potensi wisata yang dimiliki oleh desa.

Aplikasi Android, Dengan aplikasi DIGIDES, warga dapat mengakses informasi mengenai desa, memanfaatkan fitur marketplace yang terintegrasi di dalamnya, dan mengurus berbagai layanan kependudukan hanya dengan beberapa usapan dan ketukan di layar ponsel warga Anda.

Andi Smart, Andi Smart memiliki perangkat lunak yang sudah terintegrasi dengan aplikasi DIGIDES sehingga warga desa yang memiliki aplikasi tersebut dapat melakukan request persuratan dan mencetak surat langsung di kantor desa melalui Andi Smart ini.

Absensi dan Buku Tamu, Absensi Dan Buku Tamu ini merupakan pengganti absensi & buku tamu manual. Fitur apa saja yang Sobat Desa bisa nikmati? Penginputan data aparat desa yang keluar dan masuk, begitu pula dengan kunjungan tamu desa akan lebih terperinci dan akurat.

Bagaimana Desa Saya Dapat Menggunakan Layanan DIGIDES?

Klik Request Demo atau Daftar pada halaman utama atau bisa menghubungi kontak person di bawah ini.

Menambahkan Data Administrasi
menambahkan data administrasi
  1. Klik tombol +Tambah pada bagian sebelah kanan atas layar Anda.

    tambah data administrasi digides
  2. Maka akan muncul form seperti di bawah ini. Anda wajib mengisi kolom yang mempunyai tanda bintang merah (*).

    isi kolom administrasi digides
  3. Jika telah selesai mengisi form tersebut, silakan klik tombol Simpan.

    simpan form data administrasi digides
Mencetak Data Administrasi
mencetak data administrasi
  1. Untuk mencetak Buku Administrasi Desa secara keseluruhan, langsung saja klik tombol Print pada sebelah kanan atas layar untuk masuk ke mode print.

    tombol print buku administrasi desa digides
  2. Setelah Anda mengklik tombol Print , Anda akan memasuki mode print seperti gambar di bawah ini.

    mode print buku administrasi digides

    Keterangan:
    Kotak berwarna biru untuk print.
    Kotak berwarna hijau untuk export file ke Excel.
    Kotak berwarna merah untuk keluar dari mode print.

  3. Untuk mencetak aturan tertentu pada buku peraturan desa Anda bisa menggunakan filter tahun untuk memilah sesuai dengan tahunnya atau dengan menggunakan menu pencarian untuk mencari aturan yang lebih spesifik, seperti mencari berdasarkan nama peraturannya. Setelah data yang ingin Anda cetak tampil di layar, barulah klik tombol print pada bagian kanan atas.

    filter tahun buku administrasi digides
Manajemen Tanda Tangan
manajemen tanda tangan
  1. Pada menu utama klik ikon profil kemudian pilih Pengaturan.

    halaman pengaturan digital desa
  2. Pilih menu manajemen tanda tangan.

    menu manajemen tanda tangan digital desa
  3. Arahkan petunjuk Bisa Tanda Tangan ke kanan.

    bisa tanda tangan digital desa
Menambahkan Data Penduduk
menambahkan data penduduk
  1. Klik pada menu Pelayanan Administrasi Kependudukan..

    menu administrasi kependudukan digides
  2. Setelah itu klik menu Biodata Penduduk.

    lihat biodata administrasi kependudukan digides
  3. Kemudian klik fitur layanan Formulir Kartu keluarga.

    formulir kartu keluarga administrasi digides
  4. Klik menu +Tambah pada bagian sebelah kanan atas layar.

    tambah form keluarga digides
  5. Maka akan muncul form seperti di bawah ini. Anda wajib mengisi kolom yang mempunyai tanda bintang merah (*). Jika telah selesai mengisi form tersebut, silakan klik menu Simpan .

    isi kolom wajib administrasi digides
Mencetak Berkas Kependudukan
mencetak berkas kependudukan
  1. Untuk mencetak berkas kependudukan seperti Formulir Kartu Keluarga, langsung saja klik tombol Cetak di ujung kanan tiap daftar formulir kartu keluarga.

    cetak formulir digides
  2. Setelah Anda mengklik menu print, Anda akan memasuki mode print seperti gambar di bawah ini.

    mode print digital desa

    Keterangan:

    • Kotak berwarna biru untuk mencetak.
    • Kotak berwarna hijau untuk mengarsipkan file.
    • Kotak berwarna orange untuk masuk ke mode pengaturan (tanda tangan, tanggal, jenis dan ukuran huruf, dan ukuran kertas)
    • Kotak berwarna merah untuk keluar dari mode print.
Menambahkan Isi Website
menambahkan isi website
  1. Pada menu utama pilih Web Profil Desa

    menu utama administrasi pelayanan digides
  2. Pilih menu sesuai dengan apa yang ingin ditambahkan seperti Berita Desa

    menu utama digital desa
  3. Klik tombol +Buat baru untuk membuat berita baru pada web

    menu berita webprofil digides
  4. Isi data berita yang akan dimasukkan

    isi berita webprofil digides
  5. Klik tombol Simpan dan terbitkan atau Simpan Ke Draft

    simpan berita web profil digides
Mengubah Informasi Pemerintahan
mengubah informasi pemerintahan
  1. Pada menu utama pilih Web Profil Desa

    pengaturan webprofil desa digides
  2. Pilih menu Pemerintahan

    menu web profile desa digides
  3. Isi data pada Form Pemerintahan

    isi form pemerintahan desa digides
  4. Klik tombol Simpan

    simpan form pemerintahan desa digides
Menambahkan Staf Pemerintahan
menambahkan staf pemerintahan
  1. Pada menu utama pilih Web Profil Desa

    menu utama webprofil desa digides
  2. Pilih menu Staf Pemerintah

    menu staf webprofil desa digides
  3. Klik tombol +Buat Baru

    tambah staf webprofil desa digides
  4. Isi data pada Form Pemerintahan

    isi data form staff webprofil desa digides
  5. Klik tombol Simpan

    simpan form staff webprofil desa
Cara Mendapatkan Aplikasi DIGIDES
cara mendapatkan aplikasi digides

Aplikasi DIGIDES dapat diakses melalui website dan Tersedia di Google Play Store

Membuat Akun Aplikasi DIGIDES
membuat akun aplikasi digides
  1. Pada menu utama pilih Akun

    menu utama aplikasi digides
  2. Pilih Buat Akun

    buat akun aplikasi android digides
  3. Isi form sesuai data Anda

    form pembuatan akun aplikasi android digides
  4. Masukkan Kode Verifikasi dari nomor Anda

    kode verif aplikasi digides
Login Menggunakan Akun DIGIDES di Android
lgoin menggunakan akun digides di android
  1. Pada menu utama pilih Akun

    menu utama aplikasi android digides
  2. Masukkan Username dan Password

    buat akun aplikasi android digides
  3. Klik tombol Login

    login aplikasi android digides
Cara mentautkan akun di aplikasi DIGIDES
  1. Buka Aplikasi DIGIDES (Digital Desa), lalu klik menu “akun” pada bagian bawah kanan layar

    menu utama aplikasi android digides
  2. Silakan lakukan login terlebih dahulu, jika belum melakukan login dengan memasukkan Username dan Password

    masukkan password dan username
  3. Klik pada bagian “Tautkan akun dengan desa anda” lalu klik “Mulai”

    login aplikasi android digides
  4. Isi semua form seperti Pilih Desa, NIK, dan No. KK

    masukkan password dan username
  5. Untuk “Foto KTP” aplikasi akan meminta izin untuk menggunakan kamera, selanjutnya arahkan kamera ke bagian depan KTP anda (gambar dibawah hanya contoh), lalu sesuaikan kotak pada edit photo dengan KTP anda

    login aplikasi android digides
  6. Untuk “Foto Selfie dengan KTP” silakan berfoto dengan memegang KTP di depan anda seperti contoh dibawah, lalu lakukan penyesuaian agar wajah dan KTP anda masuk kedalam kotak saat mengedit photo.

    login aplikasi android digides
  7. Setelah mengisi semua form dan mengupload gambar, klik tombol “Kirim” pada bagian bawah form

    login aplikasi android digides
  8. Silakan menunggu untuk persetujuan penautan akun anda hingga disetujui oleh Desa untuk dapat menggunakan fitur layanan untuk warga desa

    masukkan password dan username
  9. Saat akun anda berhasil di tautkan, silakan logout dan login kembali

    masukkan password dan username
  10. Sekarang anda dapat melihat dan mendownload biodata anda dengan cara mengklik menu "Biodata"

    masukkan password dan username
  11. Anda juga dapat mengakses menu pelayanan persuratan, dan melakukan request surat dari fitur tersebut

    masukkan password dan username
Mengubah Profil
mengubah profil
  1. Pada menu utama klik ikon profil kemudian pilih Pengaturan.

    menu aplikasi android digides
  2. Isi data profil

    isi profil aplikasi android digides
  3. Setelah itu klik tombol Simpan

    simpan profil aplikasi android digides
Manajemen Akun
manajemen akun
  1. Pada menu utama klik ikon profil kemudian pilih Pengaturan.

    menu aplikasi digides
  2. Pilih menu Manajemen Akun dan klik tombol +Tambah User

    tambah user aplikasi digides
  3. Isi form sesuai kebutuhan

    tambah form aplikasi digides
  4. Klik tombol Simpan

    simpan akun aplikasi digides
Alur Pendaftaran Member DIGIDES
alur pendaftaran member digides
Syarat dan Ketentuan Menjadi Member DIGIDES
syarat dan ketentuan menjadi member digides
SSL