Cek Bansos April 2023: PKH, PKS, PIP, dan KIS Siap Cair!

Penulis:

Bulan April 2023 akan menjadi bulan yang membahagiakan bagi jutaan keluarga penerima manfaat (KPM) karena beberapa program Bansos akan cair. Kira-kira program Bansos apa saja yang akan cair pada bulan itu? Yuk, simak artikel berikut ini!


  1. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) akan dikucurkan melalui program Kemensos bagi 10 juta keluarga Penerima manfaat (KPM). Bantuan yang diberikan berupa transfer tunai kepada keluarga penerima manfaat dengan besaran nominal bantuan yang beragam, mulai dari Rp200.000 hingga Rp3 juta tergantung hak dari masing-masing Penerima.


  1. Program Kartu Sembako (PKS)

Program Kartu Sembako akan dikucurkan bagi 18,8 juta keluarga Penerima manfaat (KPM), masing-masing senilai Rp200.000. Program ini bertujuan untuk membantu meringankan beban ekonomi keluarga kurang mampu dengan memberikan bantuan sembako berupa beras, minyak goreng, gula, dan telur.


  1. PIP Kemendikbud Ristek

PIP Kemendikbud Ristek merupakan program bantuan sosial yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan untuk 17,9 juta siswa di seluruh wilayah Indonesia mulai dari tingkat SD hingga SMA. Nantinya, para pelajar akan diberikan sejumlah dana yang harus digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. PIP Kemendikbud Ristek bertujuan untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan bagi keluarga kurang mampu dan meningkatkan akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat.


  1. PIP Kementerian Agama

PIP Kementerian Agama merupakan program bantuan sosial yang disediakan bagi para peserta didik yang di bawah naungan kementerian Agama seperti MI, MTs dan MA. Program ini mirip dengan PIP Kemendikbud Ristek yang memberikan bantuan untuk biaya pendidikan.


  1. Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah program pemerintah yang memberikan akses kesehatan yang lebih terjangkau dan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Seperti di tahun 2022, pemerintah akan memberikan bantuan kepada para pemilik KIS untuk diberikan bantuan berupa iuran BPJS kesehatan setiap bulannya.


Itulah 5 bansos yang tersedia di Bulan April 2023, semoga dengan adanya program bansos ini, dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga kurang mampu di Indonesia dan mengurangi tingkat kemiskinan di negara kita.

Jangan lupa untuk selalu terus memantau informasi mengenai Bansos dan program-program bermanfaat lainnya di Indonesia ya!


Referensi: AyoBogor.com

Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL