Desa Dalam Genggaman

Penulis:

Aplikasi Android Digital Desa, Satu Aplikasi Dengan Beragam Manfaat

Fitur yang tak kalah pentingnya dari PT Digital Desa Indonesia adalah aplikasi Android yang diperuntukkan untuk warga desa. Dengan aplikasi ini, warga desa dapat mengakses berbagai fitur seperti layanan persuratan desa, fitur Marketplace, dan akses mendapatkan informasi resmi dari pemerintahan desa cukup dengan menggunakan ponsel Android. Aplikasi Digital Desa juga sangat kompatibel atau dapat menyesuaikan dengan berbagai merek telepon seluler berbasis Android dan hemat dalam menggunakan ruang penyimpanan ponsel. Berikut adalah tiga fitur utama Aplikasi Digital Desa;

1. Fitur Pelayanan Persuratan

Urusan persuratan, seperti surat keterangan, surat izin, dan berbagai jenis surat lainnya menjadi hal yang cukup sering diurus oleh masyarakat di kantor desa. Untuk mempermudah layanan administrasi tersebut yang sesuai dengan Permendagri No.47 Tahun 2016, PT Digital Desa Indonesia menghadirkan aplikasi Android untuk masyarakat desa. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat meminta atau mengurus berbagai jenis persuratan tanpa harus ke kantor desa. Aplikasi Digital Desa juga akan terhubung dengan nomor WhatsApp masyarakat, sehingga ketika suratnya telah jadi atau ada data yang harus dilengkapi maka perangkat desa dapat langsung menghubungi warganya. 

2. Fitur Marketplace

Selain mempermudah warga dalam mengakses layanan administrasi, aplikasi Digital Desa turut mendukung perbaikan ekonomi masyarakat desa dengan menyediakan fitur Marketplace. Fitur ini memungkinkan setiap warga desa untuk memasarkan berbagai produk mereka termasuk hasil pertanian, laut, atau produk kerajinan asli desa melalui aplikasi Digital Desa. 

3. Fitur Artikel

Digital Desa juga turut membantu warga desa untuk mendapatkan informasi yang faktual dan akurat seputar desa yang dikeluarkan oleh pemerintah desa mereka, seperti informasi rapat warga, himbauan pemerintah, jadwal kerja bakti, klarifikasi mengenai suatu isu, dan berbagai informasi lainnya. Hal ini juga tentunya dapat menekan berbagai desas-desus atau hoax yang kadang beredar di tengah masyarakat.

Untuk melihat secara lengkap berbagai manfaat yang ditawarkan oleh Digital Desa silahkan kunjungi website kami di digitaldesa.id atau temukan berbagai artikel menarik mengenai desa digital di sini.

 

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL