Desa Kita Sudah Masuk Kategori Desa Mandiri?? Yuk cek disini..!!

Penulis:

 


Halo sahabat desa, di kesempatan kali ini kita akan membahas seputar Desa Mandiri. Sebenarnya apa sih itu desa mandiri? Menurut UU No. 6 Tahun 2014, Desa Mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik. Desa Mandiri adalah desa yang memiliki nilai Indeks Pembangunan Desa (IPD) lebih dari 75.

Kemudian gimana sih cara menilai desa kita sudah berkategori “mandiri” atau belum, berikut penjelasannya.

Berdasarkan Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, ada dua indeks yang dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi pembangunan desa sehingga nantinya desa dapat diklasifikasikan.

Kedua indeks tersebut adalah Indeks Pembangunan Desa (IPD) yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Indeks Desa Membangun (IDM) yang diterbitkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes, PDTT).

Baik IPD maupun IDM, keduanya dibentuk berdasarkan amanat UU Desa, tepatnya pada pasal 74 tentang Kebutuhan Pembangunan Desa dan pasal 78 tentang Tujuan Pembangunan Desa.

Adapun aspek yang perlu dipenuhi dalam pembangunan desa antara lain:

  • Kebutuhan dasar (pangan, sandang, dan papan);
  • Pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dasar);
  • Lingkungan; dan
  • Kegiatan pemberdayaan masyarakat desa.

Sementara untuk tujuan pembangunan desa di antaranya:

  • Kesejahteraan masyarakat;
  • Kualitas hidup;
  • Penanggulangan kemiskinan,

Indeks Pembangunan Desa

Indeks Pembangunan Desa adalah suatu ukuran yang disusun untuk menilai tingkat perkembangan atau kemajuan desa pada suatu waktu.

Indeks Desa Membangun

Indeks Desa Membangun adalah indeks komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi, dan indeks ketahanan ekologi/lingkungan.


Untuk lebih jelasnya, silakan lihat tabel perbandingan antara Indeks Pembangunan Desa (IPD) dan Indeks Desa Membangun (IDM) di bawah ini.

Sumber: Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian DPR RI

Beberapa contoh desa mandiri di antaranya ada Desa Gentengkulon, Jawa Timur; Desa Peliatan, Bali; Desa Cibiru Wetan, Jawa Barat; Desa Sukojati, Jawa Timur; Desa Kaligondo, Jawa Timur; dan masih banyak lagi.

Nah sahabat desa, untuk mengecek status desa tempat tinggal kalian, silahkan kunjungi situs resmi Kemendes melalui link https://idm.kemendesa.go.id/status. 

Ayo, tingkatkan desa kita menuju Desa Mandiri..!!


Referensi: https://www.aneiqbal.com/info/desa/desa-mandiri/

Penulis: Wahyu Akbar

 

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL