Inilah Pentingnya Inovasi Pelayanan Publik oleh Pemerintah Desa

Penulis:

Perkembangan teknologi yang kini semakin pesat membuat berbagai sektor kehidupan perlu beradaptasi dengan derasnya arus globalisasi. Kehidupan saat ini nyaris tidak lepas dari teknologi, hampir semua lini menggunakannya baik dalam hal pengetahuan, ekonomi, budaya, dan lainnya.


Salah satu sektor yang memegang peranan paling vital dalam negara tentunya juga perlu beradaptasi perkembangan global, apalagi kalau bukan sektor pemerintahan terkhusus Pemerintahan Desa. Sebagaimana yang #SahabatDesa ketahui bahwa desa memiliki peran yang strategis dalam pembangunan bangsa. Pasalnya desa senantiasa bersentuhan langsung dengan masyarakat dan berada di garda terdepan dalam menjalankan pembangunan bangsa.


Dilansir dari web resmi Kemenpanrb, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa menyampaikan bahwa pemerintah desa justru memainkan peranan kunci dalam penyelenggaraan pelayanan publik.


Pemerintah desa adalah touchpoint pertama masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Pengalaman masyarakat ketika mendapatkan pelayanan di kantor desa ini mempengaruhi kepuasan masyarakat dan citra pemerintah,” ujar Deputi Diah dalam Talkshow Berani Berinovasi itu Keren yang merupakan rangkaian Festival Inovasi Desa Jatim di Kab. Madiun, Jawa Timur, Kamis (08/12).


Untuk mendukung tercapainya kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik, maka pemerintah desa perlu melakukan inovasi atau terobosan terbaru untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan di desa. Sebagai contoh, berikut beberapa inovasi yang juga disebutkan Deputi Diah dalam talkshow tersebut.

  • Inovasi Klinik BUMDes di Provinsi Jawa Timur yang berperan untuk mendorong terjadinya perbaikan kondisi sosial ekonomi masyarakat desa.

  • Inovasi Poskesdes dan Jaminan Kesehatan Desa dari Desa Tembok, Kab. Buleleng untuk meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat program asuransi kesehatan desa berbasis pengelolaan sampah. 

  • Inovasi CMS Desa dari Kab. Kubu Raya yang berperan dalam akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana desa. 

  • Inovasi Smart Kampung di Kab. Banyuwangi yang mendekatkan berbagai layanan kepada masyarakat melalui kantor desa dan dapat diakses secara digital.


Pentingnya inovasi pelayanan publik oleh Pemerintah Desa juga disampaikan oleh Deputi Diah yakni inovasi ini diibaratkan bukan lagi hanya sebagai nafas bagi desa tetapi sebagai mesin penggerak dalam sistem pemerintahan desa.


Berperan sebagai nafas karena inovasi dapat membuat citra pemerintah baik oleh masyarakat. Perbaikan citra pelayanan publik bukan hanya sekedar ajang pamer prestasi, tetapi lebih kepada untuk mendapat kepercayaan publik. Sedangkan sebagai mesin penggerak, inovasi dapat terus mengembangkan pelayanan publik. Dengan demikian, pelayanan yang diberikan oleh pemerintah akan selalu relevan dalam menjawab kebutuhan masyarakat.


Di akhir, Deputi Diah menyampaikan bahwa inovasi merupakan hal yang diperlukan oleh pemerintahan desa demi pelayanan publik yang lebih baik.


“Dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik membutuhkan inovasi. Karena tanpa adanya inovasi, pemerintah dapat kehilangan kepercayaan dari masyarakat karena tidak dapat menjawab kebutuhannya,” tutup Diah.


Referensi: Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara

Penulis: Wahyu Akbar


Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL