Memetik Inspirasi dari Kampung Sumber Agung, Terbaik Satu dari 15.000 Desa dalam Lomba Desa/Kelurahan Nasional

Penulis:

Prestasi membanggakan diraih Kampung Sumber Agung di Kecamatan Batu Putih, Berau. Kampung yang terletak di pesisir selatan Bumi Batiwakkal ini meraih juara pertama lomba desa dan kelurahan tingkat nasional regional III 2022.


Penyelenggaraan lomba desa/kelurahan dilakukan secara berjenjang dengan tahapan seleksi yang ketat, mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi. Di tingkat nasional, para peserta mengikuti tahapan seleksi administrasi dan paparan. Baru setelah itu dilakukan verifikasi lapangan yang kemudian dijadikan acuan dalam menentukan desa/kelurahan terbaik.


Baca juga: 

https://digitaldesa.id/artikel/memetik-inspirasi-dari-desa-peraih-penghargaan-deswita-jateng-2022 


Dibalik Prestasi Kampung Sumber Agung

Terdapat beberapa hal yang menjadi daya tarik penilain bagi Kampung Sumber Agung, yakni:

  • Peningkatan pelayanan melalui sistem informasi desa terintegrasi (SIDT) yang dibangun Pemerintah Kampung Sumber Agung. (Menurut pengakuan Kepala Kampung Sumber Agung dihadapan tim penilai)

  • Pengelolaan hingga peningkatan pendapatan asli kampung (PAK) juga menjadi unggulan Sumber Agung.  PAK Sumber Agung bahkan mencapai 1 miliar pada tahun 2022 ini.

  • Kampung berpenduduk kurang lebih 769 jiwa ini juga telah berhasil menerapkan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) bahkan juga memastikan tidak ada anak stunting


Baca juga: 

https://digitaldesa.id/artikel/kamu-bisa-dapatkan-set-top-box-gratis-melalui-cara-ini


Harapan 

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Eko Prasetyanto, menjelaskan, penghargaan ini merupakan apresiasi dari pemerintah pusat atas kinerja pemerintah daerah dan pemerintah desa/kelurahan. Selain itu, sebagai sarana dalam penyampaian informasi dan keberhasilan inovasi pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan, pemberdayaan dan kemasyarakatan.


Semoga, penghargaan ini dapat memberikan semangat untuk terus memadukan desa dan kelurahan,” ucap Eko Prasetyanto.


Referensi: KoranKaltim

Penulis: Wahyu Akbar


Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL