Pengen Majukan Desa? Ini 10 Inovasi Menarik yang Bisa Kamu Terapkan di Desa

Penulis:

Halo #SahabatDIGIDES, kali ini admin mau mengajak kalian untuk berperan aktif dalam membangun desa melalui inovasi-inovasi yang menarik. Inovasi ini boleh dari berbagai sisi kehidupan loh, baik dari segi sosial, ekonomi, sumber daya alam, dan sebagainya. Berikut 10 Inovasi menarik yang kalian bisa terapkan di desa masing-masing:


  • Desa Berbasis Teknologi Informasi

Desa berbasis teknologi informasi berfokus pada penggunaan teknologi informasi untuk memfasilitasi akses informasi, komunikasi, dan bisnis bagi warga desa. Salah satu wujud nyata pengimplementasian inovasi ini yaitu pembuatan penggunaan aplikasi Digides | digitaldesa.id dalam peningkatan kualitas pelayanan dan administrasi desa serta pengembangan perekonomian desa secara digital.

  • Sistem pengairan pintar

Sistem ini menggunakan sensor untuk memantau kondisi tanah dan air dan memastikan pengairan yang tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman. Ini membantu mengurangi kerugian hasil pertanian dan meningkatkan efisiensi penggunaan air. Kamu bisa melakukan ini melalui pembangunan saluran irigasi yang dilengkapi dengan sistem kontrol dan monitoring secara real-time

  • Pertanian berbahan bakar alternatif

Inovasi ini memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti surya dan angin untuk memasok listrik bagi rumah pertanian. Ini membantu mengurangi biaya dan mempromosikan praktik pertanian yang lebih ramah lingkungan.

  • Microgrid listrik terintegrasi

Sistem ini menyediakan akses listrik yang stabil dan terjangkau melalui sistem distribusi listrik skala kecil. Ini membantu memenuhi kebutuhan energi desa dan memperbaiki kualitas hidup warga.

  • Sistem pemantauan kesehatan hewan

Teknologi sensor digunakan untuk memantau kesehatan hewan ternak dan memberikan informasi penting bagi peternak untuk mengambil keputusan yang tepat. Ini membantu meningkatkan kesehatan dan produktivitas hewan ternak.

  • Desa terpadu

Desa terpadu menggabungkan berbagai fasilitas, seperti pendidikan, kesehatan, dan bisnis, untuk mempromosikan peningkatan kualitas hidup bagi warga desa. Ini membantu meningkatkan akses layanan dan memperkuat hubungan sosial antar warga.

  • Sistem penyimpanan air terbarukan

Teknologi membantu menyimpan air hujan dan memanfaatkannya untuk kebutuhan domestik dan pertanian. Ini membantu mengurangi dependensi pada sumber air terbatas dan mempromosikan praktik ramah lingkungan.

  • Desa mandiri energi

Desa mandiri energi menggunakan sumber energi terbarukan seperti surya dan angin untuk memenuhi kebutuhan energi desa. Ini membantu mengurangi dependensi pada sumber energi konvensional dan mempromosikan praktik ramah lingkungan.

  • Komunitas pertanian berbasis teknologi

Inovasi ini memfasilitasi kerja sama antara petani dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan kualitas produk. Ini membantu memperkuat ekonomi desa dan meningkatkan daya saing produk pertanian.

  • Desa berbasis ekonomi rakyat

Desa berbasis ekonomi rakyat memfokuskan pada pembangunan ekonomi desa yang didukung oleh usaha mikro dan kewirausahaan lokal. Ini membantu memperkuat ekonomi desa dan mempromosikan pemerataan pembangunan ekonomi antar desa.


Itulah beberapa inovasi menarik yang bisa kalian terapkan. Mari memberikan kontribusi terbaik untuk desa!!


Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL