Pentingnya Surat Tanah Bebas Sengketa dan Contohnya

Penulis:

Mulai dari surat keterangan tanah atau surat riwayat tanah, surat kepemilikan tanah, hingga surat keterangan tanah bebas sengketa. Kali ini mari kita bahas mengenai surat tanah bebas sengketa.

Dalam proses jual beli tanah, surat tanah bebas sengketa sangatlah penting agar proses jual beli berjalan dengan aman dan calon pembeli semakin yakin sebelum menyelesaikan proses transaksi.

Disisi lain, mengurus surat tanah bebas sengketa juga merupakan upaya pencegahan agar kedepannya tidak ada orang lain yang bisa mengklaim kepemilikan tanah yang dimaksud.

Dalam proses pengurusan surat bebas sengketa, wajib hukumnya diketahui dan ditandatangani oleh Kepala Desa atau Lurah setempat. Namun dalam prosesnya, mesti dilakukan peninjauan (penelitian) terhadap riwayat tanah tersebut. Bahkan terkadang dihadiri oleh sejumlah saksi (yang memahami sejarah atau riwayat tanah yang dimaksud), jika memang hal tersebut diperlukan dalam prosesnya.

Jika tidak ditemukan adanya masalah sengketa, barulah surat tanah bebas sengketa akan dikeluarkan dan ditandatangani. Biasanya surat tanah bebas sengketa berisi tentang data-data dari pemilik tanah yang sah, lokasi tanah beserta luasnya, hingga nama-nama yang menjadi saksi dalam proses pengurusan surat tersebut.

Contoh-contoh Surat Tanah Bebas Sengketa

Berikut ini beberapa contoh surat tanah bebas dari sengketa yang bisa dijadikan sebagai acuan:


Sumber: https:/ainiainitridiani/slideshare/


Sumber: terongtawah.desa.id


Itulah contoh-contoh surat keterangan tanah bebas sengketa yang bisa diurus di kantor desa atau kantor lurah setempat. Sedangkan syarat-syarat yang harus dipersiapkan untuk mengurus surat tersebut antara lain;

·       Fotocopy KTP

·       Fotocopy Kartu Keluarga

·       Fotocopy sertifikat/bukti penguasaan tanah

·       Surat pernyataan tanah tidak sedang dalam sengketa

·       Surat pengantar dari RT/RW

Untuk lebih jelasnya mengenai keperluan pengurusan administrasi desa, silakan kunjungi Digitaldesa.id yang merupakan website transformasi digital desa yang akan memperluas jangkauan, serta mempercepat  pelayanan & administrasi desa dengan smart system yang terintegrasi.

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL