Apa Perbedaan Antara Jaringan dan Internet? Yuk Ketahui Perbedaannya

Penulis:

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era industri 4.0 ini, kita tidak bisa lepas dari kata internet dan jaringan. Berbagai jenis pemanfaatan internet dan jaringan biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari seperti komunikasi, informasi, transaksi, bisnis, hiburan dan lain sebagainya. Menurut data dari WeAreSocial yang bekerja sama dengan Hootsuite bahwa di tahun 2021, jumlah pengguna internet sebanyak 202,6 juta (73,7% dari jumlah populasi di Indonesia). Namun, sebagian besar dari kita hanya mengenal istilah internet dan jaringan, tetapi tidak memahami bahkan tidak menyadari bahwa kedua istilah tersebut adalah hal yang sangat berbeda.

Apa itu internet dan jaringan?

Internet dan jaringan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan istilah internet dan jaringan sering dianggap sama oleh sebagian besar masyarakat biasa. Internet atau Interconnection Networking merupakan jaringan komunikasi global dengan jangkauan yang luas dapat menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan (network). Sedangkan jaringan atau dengan sebutan lainnya yaitu jaringan komputer, adalah sistem yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya yang saling terhubung untuk digunakan secara bersama dengan area jangkauan terbatas.

Lalu, apa perbedaan antara internet dengan jaringan?

Semua internet adalah jaringan tapi tidak semua jaringan adalah internet. Logikanya secara sederhana misalnya di sebuah laboratorium terdapat jaringan komputer LAN yang menghubungkan semua komputer seperti berbagi file (file sharing), ping IP, dan lain-lain. Tetapi, komputer tersebut tidak dapat mengakses Google. Nahhh jika kita ingin mengakses Google, maka perlu disambung dengan modem. Nantinya, modem ini yang akan dikonekkan dengan jaringan internet. Jadi, dalam kondisi tersebut jika komputer hanya tersambung LAN maka disebut sebagai jaringan dan jika telah terhubung dengan modem maka disebut komputer telah tersambung internet.

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL