Beasiswa Cendekia Baznas Dibuka Mulai Tanggal 3 Juli, Cek Selengkapnya Disini!!

Penulis:

Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Dalam Negeri tahun 2023 merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Program ini ditujukan untuk mahasiswa tingkat Diploma-IV (D4) dan sarjana (S1) yang sedang menempuh studi di kampus mitra Beasiswa BAZNAS. Pada tahun 2023, terdapat 111 kampus atau perguruan tinggi yang menjadi mitra Beasiswa Cendekia BAZNAS.


Pendaftaran Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Dalam Negeri 2023 akan dibuka pada periode 3-12 Juli 2023. Para mahasiswa calon pendaftar diharapkan mendaftar melalui layanan beasiswa yang tersedia di kampus masing-masing.


Tahapan Seleksi

  • Seleksi administrasi akan berlangsung pada 12-21 Juli 2023

  • Seleksi wawancara akan dilakukan pada 24-31 Juli 2023

  • Masa sanggah akan berlangsung pada 1-30 Agustus 2023 

  • Pengumuman akhir akan diberikan pada tanggal 31 Agustus 2023


Persyaratan Beasiswa

  • Mahasiswa S1/D4 semester 5 program reguler di kampus mitra BAZNAS.

  • Memenuhi salah satu dari kategori beasiswa yang telah ditentukan. Kategori beasiswa tersebut meliputi:

  1. Kategori Jurusan Prioritas: Mahasiswa yang sedang mengambil program studi Komputer, profesi (kedokteran, psikologi, keperawatan, farmasi), Teknik, Akuntansi, Statistika, Manajemen Zakat dan Wakaf, Komunikasi, Ekonomi, dan Pendidikan.

  2. Kategori Prestasi: Mahasiswa yang memiliki prestasi nasional dan/atau internasional. Lebih disarankan bagi mereka yang telah tercatat di Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud.

  3. Kategori Wirausaha: Mahasiswa yang memiliki usaha pribadi yang telah berjalan minimal 6 bulan.

  4. Kategori Aktivis: Mahasiswa yang aktif menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan minimal tingkat jurusan atau organisasi kepemudaan/masyarakat.

  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 skala 4,00.

  • Melengkapi berkas-berkas yang diminta, seperti pas foto terbaru, KTP dan Kartu Keluarga, transkrip nilai IPK terakhir, surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau BAZNAS Kabupaten/Kota (pilih salah satu), surat pernyataan, dan esai dengan tema "Kontribusiku menjadi generasi zakat."


Bagi mahasiswa yang berhasil mendapatkan Beasiswa Cendekia BAZNAS 2023, mereka akan menerima fasilitas berupa bantuan Uang Kuliah Tunggal per semester dan pengembangan diri bersama mentor kampus dan tokoh nasional. Beasiswa ini akan diberikan selama 4 semester, mulai dari semester 5 hingga semester 8 atau hingga mahasiswa lulus jika lulus sebelum semester 8.


Informasi lebih lanjut mengenai program Beasiswa Cendekia BAZNAS 2023 dapat ditemukan di situs web resmi BAZNAS atau melalui LINK INI!


Referensi: TribunNews.com

Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL