Berikut 10 Ide Bisnis Menguntungkan di Desa Saat Musim Kemarau Berkepanjangan

Penulis:

Halo Sahabat Desa ! Di daerah kamu apakah juga terjadi kemarau berkepanjangan? Musim kemarau berkepanjangan di daerah pedesaan bisa menjadi tantangan, tetapi juga peluang untuk mengembangkan bisnis-bisnis yang sesuai dengan kondisi tersebut. Berikut adalah 10 ide bisnis yang cocok diterapkan di desa saat musim kemarau berkepanjangan:


Pengolahan Air Minum

Bisnis penyediaan air minum bersih melalui penyaringan dan pengolahan air bisa sangat dibutuhkan saat kemarau panjang. Pembelian alat penjernih air dan pendirian depot air minum bisa menjadi peluang bisnis yang baik.

  • Alur Bisnis: Beli alat penyaring air, lakukan pengolahan air secara bersih dan aman. Distribusikan air minum ke rumah-rumah, kantor, dan bisnis lokal. Bisa juga menjual galon air minum langsung kepada konsumen atau menyediakan sistem langganan.


Pertanian Dengan Irigasi Tetes

Menggunakan teknologi irigasi tetes atau sistem irigasi yang efisien untuk menanam tanaman yang membutuhkan air sedikit dapat menjadi solusi saat musim kemarau. Bercocok tanam dengan teknik ini bisa menjadi usaha yang berkelanjutan.

  • Alur Bisnis: Persiapkan lahan, pasang sistem irigasi tetes, pilih tanaman yang sesuai dengan teknik ini, panen hasil pertanian. Pasarkan hasil pertanian ke pasar lokal atau restoran.


Perikanan

Memiliki tambak ikan dengan sistem pengelolaan air yang baik bisa memberikan pasokan ikan selama musim kemarau. Pembudidayaan ikan air tawar seperti lele atau nila bisa menjadi pilihan.

  • Alur Bisnis: Persiapkan tambak ikan, beli bibit ikan, kelola kondisi air dengan baik, beri pakan ikan, dan pantau kesehatan ikan. Saat ikan siap panen, jual langsung ke konsumen, restoran, atau pasar lokal.


Peternakan Ternak Kambing atau Domba 

Ternak kambing atau domba biasanya memerlukan air yang lebih sedikit dibandingkan ternak lainnya, membuatnya cocok untuk musim kemarau yang panjang.

  • Alur Bisnis: Persiapkan kandang, beri makanan sehat, perhatikan kesehatan ternak, dan lakukan pembiakan. Jual daging atau hasil olahan lainnya seperti susu atau produk kulit kepada konsumen lokal atau pasar.


Pengolahan Limbah 

Bisnis daur ulang atau pengolahan limbah organik dan non-organik bisa menjadi solusi yang baik di daerah pedesaan. Limbah organik bisa dijadikan pupuk kompos, sementara limbah non-organik bisa didaur ulang menjadi produk-produk baru.

  • Alur Bisnis: Kumpulkan limbah organik dan non-organik, olah limbah organik menjadi pupuk kompos, dan limbah non-organik menjadi bahan daur ulang. Jual produk olahan kepada masyarakat atau industri yang membutuhkan bahan daur ulang.


Pengembangan Energi Terbarukan

Pemasangan panel surya atau turbin angin untuk menghasilkan listrik dapat menjadi bisnis yang cerdas di desa. Ini dapat memberikan akses ke listrik, terutama saat pasokan listrik umum sering terputus selama musim kemarau.

  • Alur Bisnis: Survey lokasi, instalasi panel surya atau turbin angin, sambungkan sistem ke rumah-rumah atau bisnis lokal, dan tawarkan jasa pemeliharaan. Dapat juga menjual listrik ke perusahaan listrik lokal.


Pembuatan Alat Penghemat Air

Desain dan produksi alat-alat penghemat air untuk digunakan di rumah tangga atau pertanian bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, membantu orang mengelola konsumsi air mereka dengan lebih efisien.

  • Alur Bisnis: Riset dan desain produk, produksi prototipe, uji coba produk, dan produksi massal. Pemasaran produk melalui toko online, platform e-commerce, atau kerjasama dengan toko-toko lokal.


Agrowisata dan Pariwisata Ekologi 

Membuka tempat agrowisata atau wisata ekologi yang mengedukasi pengunjung tentang konservasi air, pertanian berkelanjutan, dan cara-cara menghadapi musim kemarau bisa menjadi ide bisnis yang baik.

  • Alur Bisnis: Persiapkan area agrowisata, bangun fasilitas pendukung, desain paket wisata edukasi, promosikan melalui situs web, media sosial, dan kerjasama dengan agen perjalanan lokal. Tawarkan pengalaman belajar dan berinteraksi dengan alam.


Pembuatan dan Penjualan Produk Hemat Energi

Memproduksi atau menjual produk-produk hemat energi seperti lampu LED, kompor energi efisien, atau sistem pendingin yang hemat energi.

  • Alur Bisnis: Identifikasi produk yang diminati, temui pemasok, produksi produk hemat energi, kemas produk dengan menarik, dan distribusikan produk ke toko-toko elektronik, situs e-commerce, atau toko-toko listrik lokal.


Pertanian Hidroponik 

Pertanian hidroponik memerlukan jumlah air yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pertanian konvensional. Dengan teknologi yang tepat, hidroponik bisa menjadi bisnis yang menguntungkan di daerah pedesaan, terutama selama musim kemarau.

  • Alur Bisnis: Persiapkan sistem hidroponik, beli benih dan nutrisi hidroponik, tanam benih, lakukan perawatan, dan panen hasil. Pasarkan produk hidroponik ke restoran, pasar swalayan, atau konsumen langsung melalui sistem langganan.


Itulah 10 model bisnis yang bisa kamu terapkan di desa pada saat musim kemarau, semoga bermanfaat dan silahkan mencoba !


Segera Unduh Digital Desa App by DIGIDES - Aplikasi di Google Play untuk mendapatkan informasi desa ter-update atau ajukan ketertarikan DISINI dan bawa desamu menuju desa digital !!


Editor: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL