Cek Bansos Juni 2023: PKH, BPNT, PIP, dan KIS Siap Cair!

Penulis:

Halo Sahabat DIGIDES! 

Artikel kali ini akan bantuan sosial atau bansos yang cair di bulan Juni 2023. Kira-kira program Bansos apa saja nih yang bakalan cair pada bulan itu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!


1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan mencairkan sejumlah dana bansos untuk triwulan kedua selama April-Juni. Artinya bagi penerima PKH tetapi belum mendapatkan bansos triwulan kedua pada April atau Mei, maka masih ada waktu pencairan hingga akhir Juni 2023.

Adapun penyaluran bansos PKH ini melalui bank anggota Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN serta pengurus PKH.


Berikut nominal bansos PKH untuk masing-masing kategori dikutip dari kemensos.go.id:

• Kategori Ibu Hamil/Nifas: Rp 3 juta/tahun

• Kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun: Rp 3 juta

• Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat: Rp 900 ribu

• Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat: Rp 1,5 juta

• Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat: Rp 2 juta

• Kategori Penyandang Disabilitas berat: Rp 2,4 juta

• Kategori Lanjut Usia: Rp 2,4 juta


2. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

BPNT merupakan salah satu bansos yang rutin diberikan pemerintah untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM akan mendapatkan BPNT sebesar Rp 200 ribu per bulan yang bisa dibelanjakan untuk bahan pangan seperti beras, aneka daging, sayur, dan lainnya.

Namun beberapa waktu belakangan, BPNT diberikan dalam bentuk uang tunai dengan nominal yang sama: Rp 200 ribu.


3. PIP Kemendikbud Ristek

Kementerian Pendidikan juga berencana mengalokasikan dana bagi 17,9 juta siswa di seluruh wilayah Indonesia mulai dari tingkat SD hingga SMA. Nantinya, para pelajar akan diberikan sejumlah dana yang harus digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.


4. PIP Kementerian Agama

Sementara, bagi para peserta didik yang di bawah naungan kementerian Agama seperti MI, MTs dan MA juga akan mendapatkan dana bansos seperti halnya PIP Kemendikbud Ristek yang harus digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.


5. Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Seperti di tahun 2022 pemerintah juga akan memberikan bantuan kepada para pemilik KIS untuk diberikan bantuan berupa iuran BPJS kesehatan setiap bulannya.


Ketentuan dan Persyaratan Bagi Calon Penerima Bansos

Terdata tidak mampu. Hal ini dibutikkan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang harus sudah terdaftar dan terdeteksi dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Apakah Kamu akan jadi Penerima Dana Bansos Juni 2023?

Untuk memastikan apakah kamu, saudaramu, keluargamu atau tetanggamu termasuk penerima bansos, maka kamu bisa langsung melakukan pengecekan secara online. Terdapat dua cara pengecekan, yakni:

  1. Cek secara online melalui situs resmi dari Kemensos cekbansos.kemensos.go.id 

  2. Cek secara online menggunakan aplikasi cek bansos https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kemensos.pelaporan 


Itulah cek bansos cair Juni 2023, kamu masuk daftar penerima bantuan yang mana? cek selengkapnya!.


Referensi: AyoBogor

Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL