Cek Bansos Maret 2023: BLT Dana Desa, PBI JK, PKH Tahap 1, dan BPNT Siap Cair

Penulis:

Meskipun hingga saat ini belum ada kepastian mengenai pencairan Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) BPJS Ketenagakerjaan untuk tahun 2023, namun jangan khawatir karena ada 4 program bantuan sosial (bansos) pengganti yang akan cair pada bulan Maret 2023. Berikut adalah empat program bansos pengganti yang bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda:


  1. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa

BLT Dana Desa sudah mulai dicairkan pada bulan Februari 2023 di beberapa daerah. Program bantuan ini diberikan kepada masyarakat miskin kategori miskin ekstrem yang memiliki pendapatan harian maksimal Rp 20 ribu. 


Setiap penerima bantuan akan mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 300 ribu per bulan. Syarat untuk mendapatkan BLT Dana Desa adalah dengan mendaftarkan diri ke desa setempat dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).


  1. Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK)

PBI JK merupakan program bansos rutin yang cair setiap bulan. Para penerima bantuan ini dapat menggunakan layanan fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan secara gratis tanpa harus membayar iuran. 


Iuran PBI JK dibayarkan langsung oleh pemerintah pusat ke BPJS Kesehatan. Para penerima bisa memanfaatkan bansos PBI JK untuk berobat atau melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.


  1. Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 1

PKH Tahap 1 akan cair pada bulan Maret 2023, meskipun belum ada kepastian tanggal pastinya. Kemensos belum memberikan pengumuman resmi mengenai penyaluran bansos ini lewat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kantor Pos. 


Namun, bocoran dari aplikasi Sistem Informasi dan Komunikasi untuk Penyaluran Bantuan Sosial Nasional Terpadu (SIKS-NG) menyatakan bahwa PKH Tahap 1 akan cair lewat bank himbara. Sebaiknya Anda mempersiapkan KKS atau Kartu Merah Putih dan KTP agar bisa langsung mencairkan saldo bansos yang dikirim ke Kartu Keluarga Sejahtera.


  1. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT merupakan program bantuan sembako yang akan cair pada bulan Maret 2023. Para penerima program ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 900 ribu dari pemerintah. Skema pencairan lewat bank himbara atau Kantor Pos juga belum diumumkan resmi oleh Kemensos. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan berkas KTP, KK, dan KKS untuk berjaga-jaga dengan lembaga salur yang akan diberikan.


Nah, itulah 4 bansos pengganti BSU BPJS Ketenagakerjaan yang akan cair bulan Maret 2023 ini. Jangan sampai ketinggalan ya!


Referensi: https://www.ayobogor.com/umum/317801247/lupakan-bsu-bpjs-ketenagakerjaan-4-bansos-blt-penggantinya-pasti-cair-lho-maret-2023?page=2 

Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL