Cuaca Ekstrem Masih Melanda, Kamu Bisa Lakukan 15 Tips Jitu Ini untuk Tetap Stabil!!

Penulis:

Halo #SahabatDigides seperti yang kita tahu bahwa hingga saat ini kita masih berhadapan dengan cuaca ekstrem di penghujung tahun. Cuaca ekstrim ini sendiri dapat perlu dihadapi dengan bijak agar kita terhindar dari berbagai macam potensi bencana.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan sehingga berpotensi terjadinya cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

Dalam periode 9 Oktober hingga 15 Oktober 2022, BMKG juga memprediksi bahwa akan terjadi potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang. 

Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri menghadapi terjadinya cuaca ekstrem ini. Nah, berikut 15 tips yang #SahabatDigides bisa lakukan dalam menghadapi cuaca ekstrem akhir tahun:

  1. Siapkan Perlindungan Ekstra 

Selalu siapkan perlindungan ekstra saat menghadapi cuaca ekstrem. Misalnya, gunakan topi, jaket, payung, serta jas hujan. Perlindungan ekstra seperti itu, dapat membantu kita untuk mengurangi resiko terpapar penyakit akibat cuaca ekstrem.

  1. Rutin Pantau Informasi Cuaca dari Sumber Terpercaya 

Terkadang perubahan cuaca tidak dapat diprediksi dan seringkali terjadi secara mendadak. Untuk itu, pantau secara rutin informasi terkini mengenai cuaca dari sumber terpercaya, seperti aplikasi BMKG.

  1. Siapkan Obat-Obatan Dasar di Rumah 

Penting juga kamu siapkan obat-obatan dasar di rumah, seperti obat untuk flu, demam, sakit kepala, radang, batuk, dan obat pribadi lainnya. Jadi, kamu dapat melakukan pengobatan mandiri ketika terserang penyakit akibat cuaca ekstrem. 

  1. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Antioksidan pada buah-buahan dan sayur-sayuran dapat mendukung sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terpapar virus dan bakteri. Buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak konsumsi air putih karena dapat membantu tubuh untuk lebih fresh karena kandungan oksigen yang terdapat di dalam air. Selain itu, air putih juga bisa menjauhkan tubuh dari dehidrasi dan mampu menetralisir tubuh dari berbagai macam zat berbahaya.

  1. Perbanyak Konsumsi Protein

Rekomendasikan untuk mengonsumsi protein seperti telur dan daging untuk memperbaiki dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makan ayam, telur, susu bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Mengonsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen juga diperlukan oleh tubuh, Kids. Dengan mengkonsumsi suplemen seperti vitamin maka akan membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit.

  1. Tidur Cukup dan Hindari Begadang

Tidur merupakan salah satu fase tubuh untuk memperbaiki daya tahan dan meningkatkannya ketika turun, apalagi setelah kamu harus menerjang hujan. Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7–9 jam setiap hari. Tidur yang cukup dapat memperkuat daya tahan tubuh, sehingga terhindar dari berbagai penyakit. 

  1. Mengendalikan Stres

Stres akut dan berkepanjangan dapat mengurangi daya tahan tubuh dan mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, kendalikan stres dengan beraktivitas produktif agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Jangan lupa belajar hidup bahagia agar lebih meningkat imunitasnya.

  1. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga setiap hari akan membuat tubuh lebih sehat dan kekebalan tubuh lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu luangkanlah waktu 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

  1. Menghindari Aktivitas di Tempat yang Rawan

Tempat yang rawan misalnya seperti di bawah pohon, baliho, dan sebagainya yang rentan roboh akibat tiupan angin kencang. Jadi hindari untuk beraktivitas, baik berteduh ataupun memarkirkan kendaraan di bawah tempat yang rawan tersebut.

  1. Tidak Berteduh Dibawah Pohon

Tidak berteduh dibawah pohon ini tidak dianjurkan bila terjadi hujan disertai angin kencang. Pohon tidak disarankan untuk jadi tempat berteduh apalagi pohon yang besar atau rindang, karena pohon tersebut rentan tumbang.

  1. Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi

Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang disebabkan karena faktor cuaca. Hal yang biasa terjadi adalah banjir, khususnya bagi masyarakat yang tinggal dan berada di daerah rawan bencana hidrometeorologi.

  1. Siapkan Kebutuhan Darurat 

Kadang, cuaca ekstrem yang terjadi sewaktu-waktu akan menyebabkan bencana. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan kebutuhan darurat guna mempersingkat waktu dan memudahkan saat evakuasi mandiri.

  1. Buatlah Persiapan Evakuasi 

Ancaman bencana pun turut meningkat akibat cuaca ekstrem. Salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan sesegera mungkin adalah persiapan evakuasi. Anda bisa memulai dengan menyiapkan kebutuhan darurat, seperti yang sudah dijelaskan di atas.


Itulah 15 tips yang #SahabatDesa bisa lakukan untuk menghadapi cuaca ekstrem akhir tahun. Tetap jaga kesehatan ya!!


Penulis: Wahyu Akbar

Referensi:

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL