Desa Digital: Menggali Potensi Desa Melalui Teknologi Terintegrasi

Penulis:

Dalam era serba digital ini, transformasi teknologi telah melanda berbagai aspek kehidupan, termasuk desa-desa yang dahulu terisolasi dari gelombang digital. Tidak dapat dipungkiri lagi, hampir setiap hari kita berhadapan dengan yang namanya “digital”. Salah satu bentuk nyatanya adalah penggunaan smartphone dan internet yang pastinya sudah tidak terlepas di berbagai aktivitas kehidupan kita sehari-hari.


Pengertian Digital: Menuju Era Baru

Digital bukan lagi kata asing dalam kamus kehidupan sehari-hari. Digital merujuk pada penggunaan teknologi komputer dan informasi dalam menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data. Di era ini, digital bukan hanya sekadar gaya hidup, tetapi juga solusi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi di berbagai lini kehidupan khususnya di desa.


Apa Itu Desa Digital?

Desa digital bukan sekadar desa yang memiliki akses internet, tetapi juga desa yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup penduduknya. Desa digital mengintegrasikan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, menciptakan ekosistem yang inovatif dan inklusif.


Keuntungan Desa Digital

  • Mempermudah Akses Informasi dan Meningkatkan Wawasan Masyarakat

  • Mempercepat Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

  • Meningkatkan Kualitas dan Mempercepat Pelayanan Publik

  • Meningkatkan Efisiensi di Sektor Pertanian Pintar (Smart Farming), Desa Wisata, dan sebagainya.

  • Memperluas Akses Partisipasi Masyarakat 


Penerapan Digital Desa dengan Aplikasi DIGIDES

DIGIDES merupakan sebuah aplikasi digital terintegrasi yang dapat membantu desa-desa dalam manajemen data, meningkatkan kecepatan pelayanan, dan mempermudah akses informasi desa. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur utama seperti:

  • Administrasi

Aplikasi administrasi desa yang dapat digunakan secara mandiri oleh perangkat desa, fitur ini membantu tugas kantor desa di berbagai jenis administrasi, seperti administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan aset, dan pengelolaan anggaran.

  • Pelayanan

Aplikasi pelayanan desa yang dapat digunakan secara mandiri oleh masyarakat. Mempermudah masyarakat dalam administrasi, yang meliputi pelayanan administrasi umum, kependudukan, nikah, pertanahan dan PBB-P2.

  • Perpajakan

Aplikasi Perpajakan adalah layanan khusus untuk memudahkan dalam pencatatan pajak di desa Anda mulai dari rekapitulasi perpajakan, laporan perpajakan per minggu, data penerimaan harian pajak bumi dan bangunan, serta daftar himpunan ketetapan pajak dan pembayaran. Layanan ini juga menyediakan fitur untuk melihat status perpajakan beserta jumlah yang dibayar.

  • Bansos

Aplikasi Bansos adalah layanan khusus untuk menyimpan dan mengelola data penerima bantuan sosial dari pemerintah. Layanan ini memudahkan Anda mengetahui siapa saja yang telah menerima bantuan dan jenis bantuan yang telah diterima baik secara individu maupun keluarga. Selain itu, Anda juga dimudahkan untuk dapat mengatur sendiri nama jenis bantuan.


Cek Fitur lengkap DIGIDES DISINI


Misi Desa Digital: Inovasi Tanpa Batas

Desa digital memiliki misi besar, yakni menciptakan masyarakat yang terkoneksi, berdaya saing, dan berinovasi. Misi ini mencakup peningkatan keterampilan digital masyarakat, penguatan ekonomi lokal, dan menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.


Bagaimana Aplikasi DIGIDES Mendukung Misi Desa Digital

DIGIDES bukan hanya sekadar aplikasi, melainkan mitra dalam mewujudkan misi desa digital. Melalui fitur-fitur cerdasnya, platform ini memfasilitasi pelatihan keterampilan digital, mendukung pengembangan usaha kecil, dan menghubungkan desa dengan pasar nasional maupun global.


Implementasi Desa Digital : Keberhasilan Beberapa Daerah Indonesia

  • Desa Pao-Pao Kabupaten Barru

Sebelum menggunakan Aplikasi DIGIDES, pemerintah di Desa Pao-Pao menghadapi tantangan terkait akses pelayanan publik bagi masyarakat dikarenakan daerahnya yang cukup luas dengan sistem pelayanan yang dilakukan secara manual. Setelah implementasi DIGIDES, kini Pemerintah Desa Pao-Pao dapat memberikan pelayanan publik dengan mudah dengan sistem digital yang terintegrasi.


Di samping itu, Desa Pao-Pao di Kabupaten Barru juga dengan kekayaan akan potensi alamnya berupa perkebunan, pertanian, dan perairan kini telah dapat melakukan promosi potensi dan penjualan produk desa di pasar yang lebih luas.

Cek Website : https://paopao.digitaldesa.id/ 


  • Desa Senga Selatan Kabupaten Luwu

Desa Senga Selatan di Kabupaten Luwu juga merupakan salah satu desa yang resah akan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat yang terkesan ribet. Diawali oleh inovasi dari Pak Desa Senga Selatan ( Andi Muhammad Arfan Basmin), pada tahun 2020 dihadirkanlah layanan DIGIDES untuk memberikan pelayanan prima berbasis digital kepada masyarakat.  


Hasilnya yang begitu signifikan kini membuat Desa Senga Selatan sebagai salah satu desa percontohan digital di Sulawesi Selatan. Selain dari fitur utama DIGIDES, saat ini Desa Senga Selatan juga telah menerapkan sistem anjungan digital desa, absensi dan buku tamu digital hingga mengadakan command center desa yang berfungsi memonitoring segala bentuk aktivitas pemerintahan digital. Melalui Aplikasi DIGIDES juga Desa Senga Selatan telah menerapkan fitur geospasial yang memungkinkan monitoring pemetaan lahan dan tanah secara digital.

Cek Website : https://sengaselatan.desa.id/ 

Fitur Geospasial : https://sengaselatan.desa.id/geospasial 

Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=nqEendxj5dI 


  • Desa Balantang Kabupaten Luwu Timur

Pada tahun 2021, Desa Balantang berhasil meraih Predikat “Cukup Informatif” dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tingkat Sulawesi Selatan tahun 2021. Kepala Desa ( Musakkir Laiming) kala itu berharap penghargaan yang diterima Pemerintah Desa Balantang ini akan dijadikan motivasi untuk terus berupaya menciptakan inovasi – inovasi terutama soal pelayanan dan keterbukaan informasi publik berbasis Digital

Insya Allah, kami dari Pemdes tidak akan berhenti sampai disini saja, tapi bagaimana kedepan kita akan terus berinovasi agar kita bisa memperoleh yang lebih baik lagi dari ini tahun depan,” tegasnya penuh semangat.


Dengan tekad yang kuat, Desa Balantang bersama dengan Layanan DIGIDES berhasil menjadi juara 1 Lomba Inovasi Desa Tahun 2023.

Cek Website : https://balantang.digitaldesa.id/ 

Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=MBYy73LejTk 


  • Desa Muhajirin (Pulau Morotai) Kabupaten Maluku Utara

Desa Muhajirin di Pulau Morotai sukses menerapkan Aplikasi DIGIDES untuk mengatasi tantangan geografis yang berada di daerah pulau. Sebelum menyentuh digital desa, akses informasi dan inovasi sangatlah terbatas. Hingga pada tanggal 31 Agustus 2023, Desa Muhajirin mengawali launching transformasi digital desa untuk pertama kalinya di Pulau Morotai.


Akses informasi yang dulunya terbatas, kini dengan DIGIDES pemerintah desa telah memberikan informasi perkembangan desa secara real-time kepada masyarakat, potensi wisata pulau yang begitu besar juga telah dipromosikan melalui digital desa. 

Cek Website : https://muhajirin.digitaldesa.id/ 


  • Desa Loa Duri Ilir Kabupaten Kutai Kartanegara

Desa Loa Duri Ilir di Kutai Kartanegara yang memiliki kuantitas penduduk cukup banyak hingga lebih dari 13 ribu jiwa. Tantangan jumlah penduduk membuat pemerintah desa perlu melakukan inovasi digital untuk optimalisasi manajemen data penduduk dan juga memastikan pelayanan publik yang prima. 


Upaya inovasi transformasi digital di Desa Loa Duri Ilir hingga kini terus digalakkan. Desa Loa Duri Ilir telah berhasil mengembangkan marketplace atau platform belanja berbasis digital sendiri yang menampung sejumlah pelaku usaha UMKM dan produk desa. Dalam sektor wisata, Pemerintah Desa Loa Duri Ilir juga berhasil mengubah kawasan tumpukan sampah menjadi wisata desa yang ikut memajukan ekonomi desa.

Cek Website : https://loaduriilir.digitaldesa.id/ 


  • Desa Pakatto Kabupaten Gowa

Desa Pakatto di Kabupaten Gowa meraih kesuksesan dalam menerapkan Aplikasi DIGIDES, khususnya dalam hal peningkatan keterbukaan informasi desa. Informasi desa yang dulunya terkesan tertutup dan terbatas, kini segala bentuk informasi terkini mengenai kegiatan desa, program pembangunan, dan layanan publik dapat diakses dengan mudah oleh publik. Inovasi digital desa ini pula yang kemudian mengantarkan Desa Pakatto mewakili Kabupaten Gowa dalam lomba keterbukaan informasi publik tahun 2023.

Cek Website : https://profil.digitaldesa.id/pakatto-gowakab 


  • Mananggu Kabupaten Boalemo

Desa Mananggu di Kabupaten Boalemo merupakan desa yang berhasil bertransformasi menjadi desa yang cerdas (smart village) dengan digital. Tepat pada tanggal 22 Agustus 2023, Desa Mananggu melakukan launching digitalisasi desa bersama dengan DIGIDES. Pemerintah Desa Mananggu kini telah berhasil melakukan penyederhanaan tata kelola data administrasi, termasuk data kependudukan dan persuratan sehingga tercapainya akses pelayanan yang cepat dan akurat. Keberhasilan ini memberikan contoh efisiensi bagi desa-desa lain di Kabupaten Boalemo dalam mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan tata kelola administratif.

Cek Website : https://mananggu.digitaldesa.id/ 


  • Lunang Tiga Kabupaten Pesisir Selatan

Nagari Lunang Tiga terletak di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Dengan jumlah penduduk sebanyak 2.414 jiwa, Pemerintah Nagari Lunang Tiga dapat mendigitalisasikan berbagai bentuk aktivitas pemerintah desa yang secara optimal meliputi administrasi, pelayanan, dan promosi potensi desa. 


Disamping itu, Pemerintah Nagari Lunang Tiga juga telah optimal mempromosikan produk UMKM melalui e-commerce di Platform DIGIDES. Tidak berhenti sampai disitu, Pemerintah Nagari Lunang Tiga juga membuka pelatihan digital marketing kepada masyarakat untuk memaksimalkan penjualan produk desa.

Cek Website : https://lunangtiga.digitaldesa.id/ 


  • Banyuasin Kabupaten Bangka Bangka

Desa Banyuasin yang terletak di Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung juga memiliki tekad yang kuat untuk melakukan transformasi digital desa. Sebelumnya Desa Banyuasin menghadapi kendala akses informasi dan prosedur administratif lambat. Namun melalui platform DIGIDES, Pemerintah Desa Banyuasin kini dapat  mempercepat respon terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Pemerintah Desa Banyuasin juga bisa lebih cepat menginformasikan segala aktivitas dan perkembangan desa kepada publik. 

Cek Website : https://banyuasin.digitaldesa.id/ 


Saatnya Transformasi Digital Desa

Digitalisasi desa bukan hanya sekadar tren, tetapi suatu keharusan untuk memastikan bahwa perkembangan teknologi merata hingga pelosok desa. Dapat kita lihat bahwa desa-desa bukan lagi menjadi penerima teknologi, melainkan pelaku utama dalam menggali potensi dan menciptakan transformasi yang berarti. 


Mari bersama-sama mewujudkan desa-desa yang cerdas, terkoneksi, dan siap bersaing di era digital ini!


Segera Unduh Digital Desa App by DIGIDES - Aplikasi di Google Play untuk mendapatkan informasi desa ter-update atau ajukan ketertarikan DISINI dan bawa desamu menuju desa digital !!


Editor : Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL