Jalur Rekrutmen CPNS 2024 Dimulai pada Bulan Mei: Langkah-Langkah Pendaftaran melalui Platform SSCASN BKN

Penulis:

Haryomo Dwi Putranto, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), menyatakan bahwa pemerintah akan mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk instansi pusat pada bulan Mei 2024. Pengumuman ini menandakan penundaan pembukaan rekrutmen CPNS 2024 dari bulan Maret menjadi Mei.

Menurut Haryomo, alasan di balik penundaan ini adalah karena beberapa Kementerian/Lembaga masih sedang melakukan penyesuaian terhadap formasi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Haryomo juga menjelaskan bahwa tes CPNS dan PPPK untuk instansi pusat akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024. Sedangkan tes CPNS-PPPK untuk instansi daerah direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September 2024.

Langkah-Langkah Pendaftaran CPNS Tahun 2024 melalui Platform SSCASN BKN

  1. Kunjungi laman daftar-sscasn.bkn.go.id/akun ketika pendaftaran CPNS 2024 telah dimulai.

  2. Lengkapi bagian yang meminta Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP, Nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon yang aktif, serta alamat email pribadi yang aktif.

  3. Setelah melengkapi semua informasi yang diminta, masukkan kode Captcha yang ditampilkan di halaman tersebut.

  4. Lalu, klik "Lanjutkan".

  5. Isi informasi yang diminta berikutnya, lalu unggah foto hasil pemindaian KTP dan swafoto sesuai petunjuk yang diberikan. Setelah itu, klik tombol "lanjutkan".

  6. Jika sudah benar klik "Proses Pendaftaran Akun" untuk memproses pendaftaran akun.

  7. Sebelum menyelesaikan langkah pendaftaran, akan ada konfirmasi terakhir yang perlu Anda setujui dengan menekan tombol "Iya".

  8. Nanti akan muncul tampilan bahwa pendaftaran selesai dan keluar pilihan cetak informasi pendaftaran (untuk mencetak) dan lanjutkan login pendaftaran (untuk ke tahap selanjutnya).

  9. Setelah semua langkah selesai, pelamar ASN akan diarahkan ke halaman awal portal SSCASN untuk melakukan login menggunakan akun yang telah didaftarkan.


Segera Unduh Digital Desa App by DIGIDES - Aplikasi di Google Play untuk mendapatkan informasi desa ter-update atau ajukan ketertarikan DISINI dan bawa desamu menuju desa digital !!


Penulis: Nurul Fadillah


Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL