Kamu Bisa Hadapi Cuaca Panas Dengan 9 Tips dari Kemenkes! Yuk Baca Disini!

Penulis:

Hai Sahabat DIGIDES! Apa kabar? Cuaca panas belakangan ini memang cukup menyengat ya. Untuk itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah membagikan sembilan tips agar kita bisa menghadapi cuaca panas dengan baik dan tetap sehat. Yuk, kita simak tips-tipsnya!


  1. Cegah dehidrasi dengan minum air yang banyak.

Ketika cuaca panas, tubuh kita akan mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, kita perlu mengganti cairan yang hilang dengan minum air yang banyak. Jangan tunggu sampai merasa haus ya!

  1. Hindari minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol, dan minuman manis.

Minuman-minuman tersebut dapat memperburuk dehidrasi karena dapat membuat kita buang air lebih banyak. Sebaiknya, kita memilih minuman yang sehat seperti air putih atau jus buah.

  1. Hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan topi atau payung.

Sinar matahari yang langsung mengenai kulit kita dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan terbakar. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan topi atau payung saat berada di luar ruangan.

  1. Memakai baju yang berbahan ringan dan longgar.

Baju yang terlalu ketat dan berbahan tebal dapat membuat kita merasa panas dan tidak nyaman. Sebaiknya, kita memilih baju yang berbahan ringan dan longgar agar tetap nyaman saat cuaca panas.

  1. Hindari menggunakan baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas.

Baju berwarna gelap dapat menyerap panas lebih banyak daripada baju berwarna terang. Oleh karena itu, kita perlu memilih baju dengan warna terang atau putih agar tidak cepat kepanasan.

  1. Sebisa mungkin berteduh di antara pukul 11.00 pagi sampai 15.00 siang.

Pada rentang waktu tersebut, sinar matahari terik dan suhu udara cenderung lebih tinggi. Sebaiknya, kita mencari tempat berteduh agar tidak terlalu terpapar sinar matahari.

  1. Jangan meninggalkan siapa pun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir baik dengan jendela terbuka maupun tertutup.

Suhu di dalam mobil dapat meningkat dengan cepat saat cuaca panas, bahkan dalam waktu beberapa menit saja. Oleh karena itu, jangan pernah meninggalkan siapa pun di dalam mobil saat cuaca panas.

  1. Gunakan sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah.

Sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Pastikan kita mengoleskan sunscreen dengan jumlah yang cukup dan merata pada kulit yang tidak tertutup oleh baju.

  1. Sediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan.

Botol semprot air dapat membantu kita merasa segar saat cuaca panas. Sebaiknya, kita menyediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan agar bisa digunakan saat perjalanan.


Itulah sembilan tips dari Kemenkes untuk menghadapi cuaca panas yang terjadi akhir-akhir ini. Yuk, jaga kesehatan kita semua!


Referensi: https://nasional.kompas.com/read/2023/04/25/13530171/kemenkes-bagikan-9-tips-untuk-hadapi-cuaca-panas-yang-tak-biasa
Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL