Kapan Hari Raya Idul Fitri 2024? Prediksi dari Pemerintah, Muhammadiyah, dan NU

Penulis:

1 Syawal identik dengan hari perayaan yang disimbolkan sebagai kemenangan umat Islam setelah menahan lapar, haus dan nafsu selama sebulan penuh dibulan Ramadhan. Lantas kapan 1 Syawal Idul Fitri 2024?

Untuk mengetahui hari Idul Fitri tidak bisa sembarangan, ada dua metode yang umum digunakan, yaitu pengamatan langsung terhadap hilal (rukuyat) atau perhitungan astronomis (hisab). Penetapan ini menjadi kewenangan Kementerian Agama yang biasanya diumumkan dalam sidang isbat menjelang hari yang diprediksi.

Pemerintah merujuk pada Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 yang mengatur penentuan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah. Dalam fatwa ini, tanggal 1 Syawal bisa ditetapkan berdasarkan pengamatan hilal dan perhitungan hisab yang kemudian dibahas dalam sidang isbat. Selain itu, pemerintah juga mempertimbangkan hasil perhitungan posisi hilal dengan standar MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), dimana ketinggian hilal saat Matahari terbenam minimal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.


1 Syawal Idul Fitri 2024 Versi Pemerintah

Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 telah menetapkan bahwa tanggal 1 Syawal dapat ditentukan melalui metode pengamatan langsung terhadap hilal (rukuyat) dan perhitungan astronomis (hisab), yang kemudian dibahas dalam sidang isbat. Selain itu, pemerintah juga mempertimbangkan hasil hisab posisi hilal dengan menggunakan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), dimana tinggi hilal saat Matahari terbenam minimal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.


Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri, 1 Syawal 2024 diprediksi jatuh pada tanggal 10 atau 11 April 2024. Kalender Kementerian Agama juga memperkirakan bahwa 1 Syawal 2024 kemungkinan besar akan jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024, atau Kamis, 11 April 2024. Dengan demikian, penetapan tanggal 1 Syawal mengacu pada hasil sidang isbat serta perhitungan hisab yang telah disepakati oleh pemerintah dan otoritas keagamaan.

1 Syawal Idul Fitri 2024 Versi Muhammadiyah

Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal, telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada tanggal 10 April 2024. Penetapan ini dikeluarkan melalui Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah 1445 Hijriah.

Dalam penetapan ini, Muhammadiyah memutuskan untuk menentukan awal puasa Ramadhan, termasuk Hari Raya Idul Fitri 2024, lebih awal daripada Kementerian Agama. Penetapan ini didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang diterapkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Dengan demikian, Muhammadiyah telah menegaskan bahwa Hari Raya Idul Fitri 2024 akan diperingati pada tanggal 10 April 2024, sesuai dengan hasil hisab mereka yang dipandang sebagai otoritas dalam masalah penentuan awal bulan Hijriah.

Idul Fitri 2024 Versi NU

Nahdlatul Ulama (NU) masih belum menetapkan tanggal masehi dari 1 Syawal 2024 sebagai hari raya Idul Fitri 1445 H. NU menggunakan metode rukyatul Hilal dalam menentukan awal Ramadhan dan Idul Fitri.

Metode ini melibatkan pengamatan langsung terhadap hilal atau bulan sabit. Jika hilal tidak terlihat atau gagal terlihat, maka bulan (kalender) digenapkan menjadi 30 hari.

Perkiraan dari NU untuk 1 Syawal adalah Rabu, 10 April 2024, atau Kamis, 11 April 2024. Meskipun perkiraan ini telah disampaikan, NU masih menunggu hasil pengamatan hilal secara langsung sebelum secara resmi menetapkan tanggal pasti untuk Hari Raya Idul Fitri 2024. Dengan demikian, NU tetap berpegang pada tradisi pengamatan langsung terhadap hilal dalam menentukan awal bulan Hijriah.

Pendapat Menko Muhadjir Effendy

Dikutip detikNews setelah menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral soal kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 bersama Polri, Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan pendapatnya perihal 1 Syawal 2024.

"Idul fitri hampir bisa dipastikan jatuh tanggal 10 April 2024," ujar Muhadjir usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dia juga menyampaikan puncak mudik tahun 2024 ini akan berada di tanggal 5 hingga 8 April 2024.

"Puncak mudik diperkirakan terjadi tanggal 5 sampai 8 April 2024. Arus balik diperkirakan terjadi 13 sampai 16 April 2024," tambahnya.


Segera Unduh Digital Desa App by DIGIDES - Aplikasi di Google Play untuk mendapatkan informasi desa ter-update atau ajukan ketertarikan DISINI dan bawa desamu menuju desa digital !!


Penulis : Risna

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL