Kisah Inspiratif. Pahlawan Perekonomian di Desa Sumberagung

Penulis:

Setiap manusia terlahir dengan berbagai macam anugerah dari Tuhan yang begitu mahal. Setiap manusia pun sebenarnya tercipta menjadi orang yang hebat tergantung bagaimana mengolah potensi atau keistimewaan yang dimilikinya. Salah satu diantara orang hebat itu adalah Pak Rusdi (40) yang berasal dari Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Pak Rusdi adalah sosok pahlawan pemberdayaan ekonomi. Dan pantas memang, beliau adalah pengusaha pengolahan kayu, tempat bergantung puluhan masyarakat sekitar untuk bekerja menyambung rejeki.

Sebenarnya, menggeluti usaha perkayuan bukan barang baru bagi Rusdi. Sejak bujang, pria kelahiran 14 April 1982 ini sudah malang melintang dalam dunia mebeler. Karir pahlawan pemberdayaan kian melekat ketika dia bermitra dengan PT Merdeka Copper Gold Tbk. Untuk diketahui, PT Merdeka Copper Gold Tbk merupakan induk perusahaan PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Sebuah perusahaan tambang emas yang beroperasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Dari kerjasama dengan perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tersebut, pabrik pengolahan kayu milik Rusdi di Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, sering mendapat order besar. Maklum, PT Merdeka Copper Gold Tbk, sedang gencar melakukan program bedah rumah untuk masyarakat sekitar.

"Ketika job ramai, saya mempekerjakan sampai 50 orang. Saya sangat senang dan puas, apalagi kayu yang kami garap untuk program bedah rumah, yang itu untuk masyarakat yang membutuhkan," kata Rusdi, Rabu (28/9/2022).

Pak Rusdi menyampaikan. Sebelumnya dia merupakan salah satu pelaku tolak tambang. Namun dengan seiringnya waktu, Rusdi mulai menyadari bahwa investasi merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dan PT BSI, yang merupakan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, juga telah mengantongi perizinan yang berlaku.

"Saya menjadi pelaku tolak tambang sejak era PT IMN (PT Indo Multi Niaga). Dulu, saya secara pribadi pernah diminta untuk tidak tolak tambang, tapi saya gak mau," ujar Rusdi.

"Misal dulu saya diajak komunikasi dan merangkul masyarakat, ya saya mau," imbuhnya.

Untuk saat ini, dia bersedia menjadi mitra karena PT Merdeka Copper Gold Tbk, merangkul melalui program. Atau bukan merangkul secara perorangan. Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dicetus pun hasil musyawarah, sehingga benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Jika bentuknya program begini, kan lebih menyentuh masyarakat," bebernya.

Terkait usaha pengolahan kayunya, Rusdi berharap PT Merdeka Copper Gold Tbk bukan hanya menelurkan program berkelanjutan. Tapi juga mendukung dalam hal kelengkapan peralatan.

"Misal juga bisa dibantu mesin pembelah kayu atau Table Band Saw, jadi limbah kayu bisa dibuat peti buah naga. Itu kan bisa menambah penghasilan para pekerja," tandasnya.

Apa yang dilakukan Rusdi, Sang pahlawan perekonomian di Desa Sumberagung ini patut jadi teladan. Berbekal semangat, niatan baik serta kepedulian pada sesama, dia mampu membangun usaha penebar manfaat. Padahal, Rusdi hanyalah lulusan SMP.

Referensi:

https://www.detik.com/jatim/berita/d-6318121/kisah-inspiratif-jagoan-kampung-berdayakan-ekonomi-warga-banyuwangi

Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL