Mengenal Tradisi Pemakaman Unik Suku Minahasa

Penulis:

Suku Minahasa memiliki ritual pemakaman yang unik dan beda dari tradisi lainnya. Suku Minahasa memosisikan jenazah duduk sambil memeluk kakinya bukan dalam posisi tidur. Tradisi pemakaman seperti ini menurut kepercayaan melambangkan keadaan suci dan membawa kebaikan. Selain harus dalam posisi duduk, arah posisi mayat harus menghadap ke arah utara. Hal ini disebabkan karena cerita turun temurun dari nenek moyang orang Minahasa.

Pada zaman dahulu, hanya orang-orang tertentu yang bisa dikubur di dalam Waruga, yakni orang-orang dengan status sosial tinggi, yang kemudian digambarkan lewat ukiran yang ada di penutupnya. Di bagian atas, tepatnya pada prisma segitiga yang berada di atas balok, biasanya terdapat berbagai motif gambar yang menunjukkan profesi dari jenazah yang berada di dalam Waruga. Semisal, motif perempuan melahirkan menunjukkan yang dikubur adalah dukun beranak, gambar binatang menunjukkan yang dikubur dalam Waruga adalah pemburu, dan motif orang ramai menunjukkan yang dikubur adalah satu keluarga.

Jika kamu ingin melihat makam ini, kamu bisa berkunjung ke Taman Purbakala Waruga Sawangan yang berada di Kabupaten Minahasa Utara. Tempat yang sudah ada sejak jaman megalitikum tersebut kini dijadikan destinasi wisata. Kurang lebih ada 143 Waruga yang bisa ditemui di tempat ini.


 

Penulis : Ahmad Nurdiansyah


Sumber Referensi:

https://malanghits.pikiran-rakyat.com/sejarah/pr-3487402497/mengenal-tradisi-waruga-tradisi-unik-pemakaman-suku-minahasa-yang-sudah-sejak-abad-9?page=all. Diakses pada 25 September 2024

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL