Pendaftaran PPG Prajabatan 2024 Telah Dibuka! Cek Persyaratannya

Penulis:

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan adalah inisiatif untuk melatih lulusan Sarjana (S1) dan Diploma IV agar dapat memenuhi kebutuhan akan guru yang berkualitas dan memadai secara kuantitas. Program ini berlangsung selama dua semester dan pesertanya akan memperoleh sertifikat pendidik setelah lulus.

Pendaftaran untuk PPG Prajabatan 2024 telah dibuka mulai tanggal 4 April 2024 hingga 15 Mei 2024. Bagi yang tertarik untuk meningkatkan kualifikasi menjadi guru profesional, ini adalah kesempatan yang patut dipertimbangkan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara pendaftaran, persyaratan, dan tahapan-tahapannya!

Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan 2024

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)

  2. Tidak terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

  3. Berusia paling tinggi 32 (tiga puluh dua) tahun pada 31 Desember tahun 2024

  4. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri

  5. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 

  6. Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani (diserahkan pada saat lapor diri)

  7. Memiliki surat keterangan berkelakuan baik (diserahkan pada saat lapor diri)

  8. Memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) (diserahkan pada saat lapor diri)

  9. Menandatangani pakta integritas

  10. Mengikuti semua tahapan Seleksi


Biaya PPG Prajabatan 2024

Untuk pembiayaan, peserta yang lolos seleksi PPG Prajabatan 2024 akan mendapatkan Beasiswa untuk membayar Biaya Pendidikan selama 2 Semester sebesar Rp 17.000.000. Sehingga, sebenarnya PPG Prajabatan tidak dipungut biaya per semester. Uang yang akan dikeluarkan adalah biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 dan biaya sehari-hari yang ditanggung masing-masing secara pribadi. 

 

Segera Unduh Digital Desa App by DIGIDES - Aplikasi di Google Play untuk mendapatkan informasi desa ter-update atau ajukan ketertarikan DISINI dan bawa desamu menuju desa digital !!


Penulis : Risna

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL