Pintu Peluang Terbuka: 8 Instansi Siap Terima Pendaftar CPNS dari Kalangan SMA/SMK pada Mei 2024

Penulis:

Pendaftaran CPNS 2024 akan segera dimulai, diproyeksikan akan dibuka pada bulan Mei 2024. Peluang ini terbuka luas bagi lulusan SMA/SMK yang akan mengikuti seleksi CPNS. Mereka dipastikan akan memiliki akses ke sejumlah formasi yang signifikan pada seleksi CPNS 2024 mendatang.

Rencananya, seleksi CPNS 2024 akan berlangsung dalam tiga periode selama setahun. Periode pertama diproyeksikan akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan sekolah kedinasan.

Kemudian, seleksi kedua dijadwalkan pada bulan Juli 2024 untuk formasi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).Sementara itu, seleksi gelombang ketiga direncanakan akan dibuka pada akhir Agustus untuk formasi CPNS dan PPPK.

Pastikan untuk secara berkala memeriksa jadwal pendaftaran CASN 2024 agar tidak ketinggalan waktu. Selain itu, sementara menantikan pengumuman resmi jadwal CASN 2024, penting untuk diketahui bahwa beberapa kementerian dan instansi juga membuka formasi khusus bagi lulusan SMA/SMK. Berdasarkan rekrutmen atau seleksi CASN tahun 2023 yang terdokumentasi di laman SSCASN, banyak kementerian yang menerima lulusan dari tingkat pendidikan SMA atau SMK.

Berikut adalah 8 instansi terdiri kementerian atau badan yang buka formasi lulusan SMA/SMK : 

  1. Kejaksaan Agung

Pengumuman formasi CPNS 2023 oleh Kejaksaan Agung telah disampaikan. Menurut informasi yang diposting oleh akun Instagram @biropegkejaksaan, Kejaksaan RI membuka total 7.846 formasi CPNS dalam seleksi tahun 2023. Formasi yang tersedia bagi lulusan SMA dan SMK meliputi posisi Petugas Barang Bukti dan Penjaga Tahanan.

  1. Badan Intelijen Negara

Seperti pada seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya, Badan Intelijen Negara juga menghadirkan beberapa formasi yang tersedia bagi lulusan SMA/SMK, seperti administrasi rekam medis dan informasi, serta staff laboratorium.

  1. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

BKKBN pada seleksi CPNS 2033 juga membuka kuota bagi lulusan SMA, SMK untuk posisi Pemula - Petugas Lapangan Keluarga Berencana di beberapa regional.

  1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Badan ini telah mengumumkan bahwa akan ada 1.015 formasi CPNS yang tersedia pada tahun 2023. Pada tahun-tahun sebelumnya, lulusan SMA/SMK dapat menempati posisi sebagai penjaga tahanan. Oleh karena itu, kemungkinan besar pada tahun 2024 formasi yang tersedia akan serupa.

  1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Dalam CASN 2023, diperlukan lulusan SMA atau yang setara untuk menempati jabatan Pengamat Gunung Api di beberapa wilayah. Pada saat itu, terdapat enam posisi yang tersedia.

  1. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian tersebut juga menghadirkan sejumlah besar peluang bagi lulusan SMA dan SMK pada tahun 2023. Sebagai contoh, terdapat 34 posisi yang tersedia untuk lulusan SMA yang memiliki keahlian dalam IPA, untuk mengisi jabatan sebagai Pemula - Penata Laksana Jalan dan Jembatan.

  1. Kementerian Komunikasi dan Informatika

Pada tahun sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka sekitar 103 peluang bagi lulusan SMA untuk menempati posisi Pemula - Asisten Teknisi Siaran.

  1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pada tahun 2023, terdapat 101 posisi yang tersedia di berbagai unit kerja kementerian ini, membutuhkan sebanyak 2.334 lulusan SMA atau yang setara. Mereka akan mengisi posisi jabatan Pemula - Manggala Agni.

Itulah 8 kementerian dan badan yang memberikan peluang besar bagi lulusan SMA dan SMK pada CASN 2024. Teruslah bersemangat dan siapkan dirimu untuk mengambil langkah menuju masa depan yang cerah!


Segera Unduh Digital Desa App by DIGIDES - Aplikasi di Google Play untuk mendapatkan informasi desa ter-update atau ajukan ketertarikan DISINI dan bawa desamu menuju desa digital !!


Penulis : Nurul Fadillah

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL