Usaha Tanah Subur Meningkatkan Perekonomian Warga Desa Batu Nyapau

Penulis:

Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman” begitulah sepenggal lirik dalam lagu kolam susu oleh Koes Plus yang menggambarkan kekayaan potensi yang dimiliki oleh Indonesia.


Apalagi dengan kekayaan alamnya, bahkan tanah sekalipun yang selalu berada di bawah telapak kaki kita menyimpan potensi pembangunan yang begitu besar apabila mampu diolah dengan baik.

Salah satu desa yang berhasil memanfaatkan peluang besar tersebut adalah Desa Batu Nyapau Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas dengan program Usaha Tanah Subur.

Usaha tanah subur yang dilaksanakan oleh kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Desa Batu Nyapau Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas sudah membuahkan hasil.

"Usaha tanah subur milik Kelompok UP2K di Desa Batu Nyapau sudah berkembang sejak tahun 2019 dan saat ini penjualan tanah subur sudah membantu perekonomian masyarakat," ujar Sekretaris Desa Batu Nyapau, Jon Prinedi, Minggu 9 Oktober 2022.

Peminat tanah subur ini mulai beragam dengan promosi media yang dikemas dengan baik sehingga orang luar juga tertarik untuk membelinya.

Pak Jon menjelaskan, untuk harga tanah subur jika diambil di desanya yakni sekitar Rp35 ribu per karung, namun kalau dikirim ke tempat tujuan harganya berbeda dan disesuaikan. Usaha tanah subur tersebut juga kemudian diikutkan lomba UP2K di tingkat Kecamatan Tewah dan kelompok UP2K Desa Batu Nyapau menjadi juaranya.

Harapannya dengan berbagai usaha yang dijalankan tersebut, perekonomian masyarakat di Desa Batu Nyapau Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas ini bisa lebih baik.

Selain itu dia mengajak pemerintah Desa lain di Kabupaten Gunung Mas agar mari bersama-sama memberdayakan masyarakat untuk menciptakan kesejahteraan bersama.

 

Referensi:

https://www.borneonews.co.id/berita/279311-usaha-tanah-subur-warga-desa-batu-nyapau-berhasil-bantu-perekonomian

Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL