3 Perubahan untuk Kemudahan Aktivitas Desa

Penulis:

Sebagai aplikasi yang berangkat dari keinginan untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan pemerintahan desa dan mengawal desa dalam proses transformasi menuju desa digital, Digital Desa atau Digides membawa 3 perubahan dasar yang bermanfaat baik itu bagi perangkat desa maupun untuk masyarakat.  

Perubahan pertama adalah perbaikan jangkauan informasi
Akses informasi yang terbatas terhadap suatu desa membuat potensi yang dimiliki suatu desa kurang terpublikasi dengan baik ke masyarakat luas. Kondisi seperti ini tentunya sangat tidak produktif disebabkan berbagai potensi desa seperti hasil pertanian, laut, kerajinan warga, dan potensi wisata alam dapat dimaksimalkan untuk perbaikan ekonomi masyarakat dan menambah Pendapatan Asli Desa (PADesa).
Layanan Digital Desa mendorong promosi digital yang terintegrasi untuk suatu desa. Dengan memaksimalkan fitur Web Profil Desa dan Aplikasi Android Desa, potensi-potensi suatu desa dapat terkespos dengan baik ke masyarakat luas dan dapat diintegrasikan dengan berbagai media lain seperti media sosial. 

Perubahan kedua adalah perbaikan waktu pelayanan
Salah satu perubahan yang sangat terasa dari arus digitalisasi adalah efisiensi dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam hal pengelolaan administrasi. Mencari folder surat yang telah diterbitkan sebelumnya ataupun memasukkan secara manual data warga ketika membuat surat adalah berbagai hal yang dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat melalui digitalisasi layanan administrasi.
Digital Desa telah mendukung digitalisasi pelayanan administrasi dengan menyiapkan 32 jenis administrasi dan 46 tipe persuratan. Dengan layanan tersebut, pelayanan yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dapat lebih dipersingkat sehingga meringankan beban kerja perangkat desa dan mempercepat urusan masyarakat desa. 

Perubahan ketiga adalah kecerdasan sistem 
Kadangkala besarnya beban kerja ataupun terbatasnya sumber daya yang ada dapat membuat kinerja suatu institusi tidak berjalan secara maksimal. Arus digitalisasi yang sedang terjadi dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat tentunya dapat menjadi solusi dalam mengatasi keadaan tersebut.
Dengan sistem pintar dan fitur otomatis, Digital Desa dapat memperkecil kemungkinan kesalahan yang umumnya terjadi dalam pengelolaan administrasi. Kesalahan tersebut dapat meliputi kesalahan dalam penomoran surat, kesalahan dalam penulisan format surat, ataupun kesalahan dalam penginputan data umum warga. 

Klik di sini untuk lebih tahu mengenai fitur lengkap Digital Desa.   

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL