5 Bansos yang Akan Cair Bulan Mei 2024: Siap-siap Dapat BLT Rp 600 Ribu!

Penulis:

Beberapa program bantuan sosial (bansos) dijadwalkan untuk disalurkan pada bulan Mei 2024. Bansos ini ditujukan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berikut BLT Mitigasi Risiko Pangan sejumlah Rp 600 ribu juga dijadwalkan untuk disalurkan pada bulan Mei 2024

  1. Bantuan Sembako

Bantuan sosial pertama yang akan dicairkan pada bulan Mei 2024 adalah bantuan sembako pangan (BSP). Bantuan sembako ini secara berkala disalurkan ke rekening masing-masing penerima setiap bulan. Tiap bulan, KPM akan menerima bantuan sembako sebesar Rp 200 ribu. Dahulu dikenal dengan nama Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), bantuan sembako ini diberikan kepada 18,8 juta KPM.

  1. Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 2

Di samping bantuan sembako, program Keluarga Harapan (PKH) juga dijadwalkan untuk disalurkan pada bulan Mei 2024. Penyaluran bantuan PKH sudah mencapai tahap 2 dengan periode penyaluran pada bulan April, Mei, dan Juni 2024. Jadi, jika bantuan PKH tahap 2 belum diterima pada bulan April 2024, kemungkinan besar akan disalurkan pada bulan Mei 2024.

Jumlah bantuan sosial (bansos) PKH tahap 2 yang diberikan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bervariasi, mulai dari Rp 225 ribu hingga Rp 750 ribu, tergantung pada kategori yang mereka masuki.

Misalnya, kelompok yang termasuk dalam kategori ibu hamil/nifas dan keluarga dengan anak usia dini 0-6 tahun akan menerima bansos PKH tahap 2 sebesar Rp 750 ribu atau Rp 3 juta per tahun. Sementara itu, KPM yang memiliki anak yang bersekolah di tingkat SD/sederajat akan mendapatkan bantuan PKH tahap 2 sebesar Rp 225 ribu atau Rp 900 ribu per tahun. Bansos PKH tahap 2 disalurkan secara langsung ke rekening KPM.

  1. BLT Dana Desa

Bantuan sosial lain yang akan diterima pada bulan Mei 2024 adalah BLT Dana Desa. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima BLT Dana Desa 2024 sejumlah Rp 300 ribu setiap bulannya. Proses penyaluran BLT Dana Desa 2024 dilakukan per 2 bulan atau 3 bulan sekali, disesuaikan dengan kebijakan pihak desa.

Berbeda dengan dua jenis bansos sebelumnya yang ditransfer ke rekening, BLT Dana Desa 2024 disalurkan langsung kepada KPM dalam bentuk uang tunai. KPM akan diundang oleh pihak desa/kelurahan untuk menerima BLT Dana Desa 2024.

  1. Program Indonesia Pintar (PIP)

Dalam sektor pendidikan, terdapat bantuan sosial Program Indonesia Pintar (PIP) yang diberikan kepada murid di tingkat SD, SMP, SMA/SMK, dan mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial. Bantuan ini juga diberikan kepada pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta murid dengan kebutuhan khusus, termasuk yang terkena dampak bencana alam, yatim piatu, dan korban musibah lainnya.

Jumlah bantuan PIP berubah-ubah tergantung pada jenjang pendidikan, dimulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 1,8 juta. Bantuan sosial PIP disalurkan melalui rekening Simpanan Pelajar (SimPel) yang dimiliki oleh setiap siswa penerima PIP, termasuk di antaranya yang terdaftar di BRI, BNI, dan BSI.

Penyaluran PIP dilakukan dalam tiga tahap dengan setiap tahap berlangsung setiap 3-4 bulan, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu, penyaluran PIP tahap 2 dimulai dari bulan Mei hingga Juli 2024.

  1. Bantuan Pangan Beras 10 kg

Selain uang tunai, penduduk juga akan menerima bantuan dalam bentuk beras 10 kg pada bulan Mei 2024. Bantuan Pangan Beras 10 kg diberikan kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Bantuan beras 10 kg diberikan sekali setiap bulan, termasuk pada bulan Mei 2024. Penyaluran bantuan beras dilakukan melalui kantor desa/kelurahan, sehingga jadwal pencairan akan diinformasikan oleh pengurus desa.

Berikutnya, apakah BLT Mitigasi Risiko Pangan sejumlah Rp 600 ribu juga direncanakan untuk disalurkan pada bulan Mei 2024?

Sampai saat ini, pemerintah belum mengumumkan secara resmi jadwal penyaluran BLT sebesar Rp 600 ribu yang akan diberikan sebagai pengganti BLT El Nino 2023. Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, hanya menyatakan bahwa anggaran untuk bantuan tersebut telah tersedia.


Segera Unduh Digital Desa App by DIGIDES - Aplikasi di Google Play untuk mendapatkan informasi desa ter-update atau ajukan ketertarikan DISINI dan bawa desamu menuju desa digital !!

Penulis: Nurul Fadillah

Sumber: https://www.tribunnews.com/nasional/2024/05/02/5-bansos-cair-bulan-mei-2024-siap-siap-cek-rekening-ada-blt-rp-600-ribu?page=all

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL