Cara Mudah dan Cepat Memeriksa Apakah Anda Mendapatkan Bansos BLT Mitigasi Risiko Pangan 2024!

Penulis:

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengumumkan bahwa penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) mitigasi risiko pangan akan dipindahkan ke bulan Maret 2024, tepat sebelum perayaan Lebaran.

Pemerintah telah mengkonfirmasi jumlah uang yang akan diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui program BLT mitigasi risiko pangan untuk rentang waktu Januari hingga Maret 2024, sebesar Rp200.000 per bulan.

Mengutip laporan sebelumnya dari Bisnis pada Jumat (15/3/2024), terdapat data bahwa ada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran BLT mitigasi risiko pangan akan dilakukan dalam periode 3 bulan secara bersamaan, sehingga total yang akan diterima oleh KPM adalah Rp600.000.

Setelah penyaluran BLT selama 3 bulan pertama tahun 2024, pemerintah akan melakukan evaluasi terhadap kelanjutan pemberian BLT mitigasi risiko pangan untuk bulan-bulan berikutnya.

Seperti diketahui, BLT mitigasi risiko pangan merupakan pengganti dari program BLT El Nino yang telah disalurkan pada akhir tahun 2023.

Langkah-langkah untuk Memeriksa Penerima Bantuan BLT Mitigasi Risiko Pangan

  1. Akses halaman web cekbansos.kemensos.go.id. 

  2. Isilah kolom dengan informasi provinsi, kabupaten, kecamatan, serta desa atau kelurahan

  3. Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)

  4. Silakan ketikkan empat huruf kode yang sesuai dengan yang ditampilkan di dalam kotak kode, tanpa spasi

  5. Jika kode tidak terlihat dengan jelas, Anda dapat menekan tombol "refresh" untuk mendapatkan kode yang baru.

  6. Setelah mengetik kode tersebut, tekan “cari data”.

  7. Di halaman situs Kementerian Sosial (Kemensos), akan terlihat nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan wilayah atau daerah yang telah Anda masukkan.

  8. Masyarakat yang telah menerima BLT El Nino dapat dikenali dengan kolom Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) atau status bantuan sembako yang tertera sebagai 'ya'.

  9. Jika Penerima Manfaat (PM) tidak memiliki "aplikasi cek bansos", silahkan tekan opsi "buat akun baru" dan lengkapi kolom-kolom yang diminta, seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat yang sama dengan yang tertera di KTP, serta unggah foto selfie KTP dan KK.

  10. Setelah proses verifikasi selesai, akun atau ID pengguna akan diaktifkan, dan Anda dapat mengakses menu yang tersedia pada Aplikasi Cek Bansos.

  11. Masuk atau login dengan menggunakan username dan kata sandi yang sesuai.

  12. Tekan menu “cek bansos”, lalu isi seluruh data sesuai dengan KTP.

  13. Kemudian, klik "cari data", sistem akan menampilkan informasi tentang penerima manfaat bantuan sosial, termasuk penerima bantuan sembako beserta statusnya.


Segera Unduh Digital Desa App by DIGIDES - Aplikasi di Google Play untuk mendapatkan informasi desa ter-update atau ajukan ketertarikan DISINI dan bawa desamu menuju desa digital !!


Penulis: Nurul Fadillah


Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL