Cek Bansos Oktober 2023: BNPT Tahap 5, PIP, PKH Tahap 4 Siap Hadir!

Penulis:

Pemerintah kembali menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) pada Oktober 2023 mendatang. Beberapa bantuan tersebut antara lain Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program Indonesia Pintar (PIP 2023), dan Program Keluarga Harapan (PKH).


1. BPNT Tahap 5 

Di tahun 2023 ini, pemerintah menyalurkan BPNT dalam bentuk uang tunai melalui Bank Himbara dan juga Kantor Pos. Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyaluran BPNT kini langsung dua bulan sekaligus dengan nominal Rp 400 ribu, sementara sebelumnya hanya Rp200 ribu. Adapun penyaluran BPNT tahap 5 untuk periode pencairan September-Oktober masih berlanjut hingga Oktober mendatang.


Masyarakat bisa mengecek pada laman cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui apakah menjadi penerima BPNT tahap 5.


2. PIP 2023

Bantuan ini diberikan untuk siswa SD-SMA/SMK yang memenuhi persyaratan dari Kemendikbud Ristek. Penerima PIP 2023 harus memenuhi syarat dan kriteria, salah satunya terdaftar sebagai peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP).


Selain itu, siswa tersebut juga harus terdaftar di situs pip.kemdikbud.go.id.


3. PKH Tahap 4

Pemerintah akan menyalurkan bantuan PKH tahap empat kepada keluarga yang memenuhi persyaratan. Adapun penyaluran PKH akan dilakukan dengan aturan baru yakni melalui dua skema yang berbeda.


Skema pertama, bansos PKH cair setiap 2 bulan untuk penyaluran via Bank Himbara seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BSI.


Sedangkan skema kedua, Bansos PKH cair setiap 3 bulan untuk penyaluran melalui PT Pos Indonesia.


Berdasarkan aturan tersebut, jadwal penyaluran dan jumlah bantuan PKH pun mengalami penyesuaian. Dengan demikian, PKH tahap 4 disalurkan mulai September hingga Oktober kemudian tahap 5 disalurkan pada November hingga Desember.


Referensi:

https://kabarindramayu.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-3337178481/bantuan-pemerintah-bansos-bakal-cair-oktober-2023simak-apa-saja?page=3 


Penulis: Wahyu Akbar


Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL