Demi Efisiensi Pemerintahan Desa, Dinas PMD Kabupaten Malinau Terapkan Sistem Informasi Desa Berbasis Digital

Penulis:

Perkembangan dunia digital yang begitu pesat sudah semestinya dapat dimanfaatkan untuk mendorong efektivitas dan efisiensi dalam segala aktivitas yang kita lakukan. Berbagai sektor kehidupan seperti dunia pemerintahan tentunya juga dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan dunia digital demi penyelenggaraan tata Kelola pemerintahan yang lebih baik.

Kesadaran inilah yang kemudian mendorong Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (DPMD Malinau) yang tengah menggarap digitalisasi sistem informasi desa. Digitalisasi sistem informasi desa atau SID sebelumnya telah diterapkan di sejumlah desa di daerah pedalaman dan perbatasan RI-Malaysia di Malinau.

Kepala Dinas PMD Malinau, Muhammad Fiteriady menerangkan ada sejumlah desa percontohan yang telah mengadopsi SID berbasis digital. Di samping itu beliau juga mengakui peranan penting dari pihak ketiga yang membantu menyiapkan layanan digital tersebut.

Program kerja sama pihak bersama pihak ke tiga tersebut menurut Fiteriady dapat memudahkan masyarakat untuk mengurus keperluan administrasi. Di sisi lain, digitalisasi juga memiliki keunggulan untuk efisiensi desa. Memangkas biaya publikasi dan menjamin keterbukaan informasi di desa.

Hanya saja, perlu informasi lebih detail terkait aplikasi yang digunakan. Dikaitkan dengan program satu data Indonesia.

Referensi:

https://kaltara.tribunnews.com/2022/09/25/efisiensi-pengelolaan-pemdes-desa-di-kabupaten-malinau-disiapkan-adopsi-sistem-informasi-digital

Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL