Dorong Kemajuan Teknologi di Pedesaan, Dinas PMD Sulawesi Barat Mengadakan Pelatihan Literasi Digital Tingkat Provinsi

Penulis:

Polewali, 27 Agustus 2023 - Pemerintah Dinas PMD Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Literasi Digital Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan yang dilakukan di Hotel Sinar Mas Polewali ini menjadikan peningkatan literasi digital di kalangan masyarakat pedesaan sebagai fokus utama pembahasan sekaligus merupakan langkah nyata Pemerintah Dinas PMD Provinsi Sulawesi Barat bersama stakeholder terkait dalam memajukan pemahaman teknologi di kalangan masyarakat di wilayah pedesaan.

Kegiatan pelatihan digital ini dibuka langsung oleh Bapak Muh. Jaun, S.Ip, Mm selaku Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Barat dan juga turut serta membawakan materi terkait “Kebijakan Pelaksanaan Literasi Desa dalam upaya mendukung Transparansi Desa” yang memberikan penekanan pentingnya digitalisasi dalam meningkatkan transparansi kebijakan di tingkat pemerintahan desa. Selaras dengan hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat, H. Abdul Halim, juga turut hadir dan mengangkat pembahasan terkait “Konsep Pembangunan Desa yang Mengintegrasikan Teknologi Informasi”.

Selain itu, juga hadir berbagai tokoh penting stakeholder pemerintahan diantaranya Nurhamzah, SS, Koorprov. TA. Pendamping Provinsi P3MD Sulawesi Barat, dan Firman, S.Kom, TA. Pendamping Provinsi P3MD Sulawesi Barat yang masing-masing turut berbagi pengetahuan terkait digitalisasi yang optimal di tingkat desa.

Baca Juga: https://digitaldesa.id/artikel/peningkatan-layanan-digital-di-desa-mananggu-pelatihan-digides-sukses-digelar 

Kasman Suherman, Co-founder dari DIGIDES yang bergerak dalam upaya transformasi digital desa juga menjadi salah satu narasumber utama dengan membawakan materi tentang Implementasi Sistem Informasi Desa. Beliau memberikan pandangan serta langkah-langkah konkret yang dapat ditempuh desa dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk memajukan administrasi dan pelayanan di tingkat desa. Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat dan dipandu langsung oleh moderator Abdul Malik SH,MH, Kabid. Pemdes DPMD Polman, Maryunus, S.ST, dan Misbahuddin, S.Sos, M.Si yang merupakan Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda.

Dengan kolaborasi dari berbagai pihak yang terlibat, Pelatihan Literasi Digital Desa tingkat Provinsi Sulawesi Barat tahun 2023 diharapkan akan terus dilaksanakan guna menjembatani kesenjangan digital antara kota dan desa serta mendorong kemajuan berkelanjutan di seluruh wilayah Sulawesi Barat.


Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL