Peningkatan Layanan Digital di Desa Mananggu: Pelatihan DIGIDES Sukses Digelar

Penulis:

Desa Mananggu, 22 Agustus 2023 - Inovasi terus bergulir di Desa Mananggu dengan diselenggarakannya pelatihan pelayanan digitalisasi Desa (DIGIDES) yang berlangsung di aula kantor Desa Mananggu pada Selasa, 22 Agustus 2023. Kegiatan pelatihan DIGIDES ini melibatkan sejumlah pihak, termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pendamping Desa, Kader Digital Desa, serta tim DIGIDES yang diwakili oleh Muh. Taufik Al-Hidayah.



Dalam pelatihan ini, pemerintah desa dan masyarakat diajarkan tentang berbagai aspek penting terkait pemanfaatan teknologi dalam pembangunan dan pelayanan di tingkat desa melalui platform aplikasi DIGIDES. Mulai dari aplikasi perangkat lunak yang terdiri dari tata kelola pelayanan, administrasi, perpajakan, bansos, website profil, hingga perangkat keras DIGIDES yang berupa Anjungan Pelayanan Mandiri serta absensi dan buku tamu.

Cek fitur DIGIDES selengkapnya di https://digitaldesa.id/ 



Dilansir dari KabarBaru.id Pak Noldy Thalib, Kepala Desa Mananggu, sangat menyambut positif pelaksanaan kegiatan ini dan menegaskan tujuan desanya menuju smart village. "Desa Mananggu adalah diantara 20 Desa lainnya yang ada di Kabupaten Boalemo yang siap untuk bertransformasi menjadi Desa Cerdas (Smart Village) melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan” ujar Pak Noldy

Baca Juga: 

https://digitaldesa.id/artikel/administrasi-desa-secepat-kilat-dan-terintegrasi-ke-data-prodeskel 


Di samping itu, salah satu peserta Yumna, mengaku merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini. menurutnya, awalnya Ia mengalami kesulitan memahami dunia digital. namun setelah mengikuti pelatihan ini, Yumna merasa sudah percaya diri dalam menggunakan fitur-fitur dan layanan anjungan Digital Desa dari berbagai keperluan masyarakat.

Pelatihan pelayanan digitalisasi Desa (DIGIDES) Desa Mananggu adalah langkah konkret dalam mengakselerasi pembangunan berbasis teknologi di tingkat desa. Selain itu juga menjadi salah satu wujud nyata DIGIDES dalam mendorong desa menuju transformasi digital desa dalam aksi #bangunIndonesiadaridesa.


Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL