Ekspedisi Sulsel: Melihat Keindahan Bulubaria

Penulis:

Bulubaria merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan taman nasional Lompobattang lebih tepatnya di Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Jarak tempuh dari Kota Makassar berkisar 2± jam dengan melewati berbagai pemandangan yang eksotis dan sungai Jeneberang. Kawasan Bulubaria memiliki ketinggian 2730 Mdpl, dengan estimasi dari pos registrasi hingga puncak sekitar 7-8 jam. 


Registrasi

Untuk memulai ekspedisi, awalnya pendaki harus melakukan registrasi dengan mengeluarkan biaya sebesar 5 ribu/orang dan pihak registrasi melakukan pengecekan barang agar dapat mengetahui barang apa saja yang di bawa oleh pendaki agar apabila pendaki telah turun, pihak registrasi dapat memeriksa kembali sampah-sampah yang telah di bawa oleh pendaki, dan apabila ada sampah yang tertinggal maka pihak registrasi dapat mengenakan denda kepada orang tersebut. Setelah melakukan registrasi dan pengecekan barang, pendaki langsung memulai perjalanan dari pos registrasi hingga pintu rimba dengan estimasi waktu ±45 menit namun jika ingin menghemat waktu pendaki dapat menggunakan ojek. 


Pos 1 - 4

Setelah Sampai di pintu rimba dan melanjut perjalanan ke pos 1, disini stamina pendaki mulai menurun karena jalurnya lumayan jauh sehingga dapat memakan waktu ±60 menit. Pada saat di pos 1, terdapat jaringan untuk para pendaki dan dapat beristirahat sejak itu. Dan pada saat di pos 2 terdapat area camp dan juga sumber udara, apabila pendaki lelah maka dapat mengisi tenaga terlebih dahulu. Lanjutkan perjalanan ke pos 3 dengan estimasi perjalanan sekitar 40 menit dan jalanan mulai terjal hingga pos 4, pada saat di pos 4 pendaki dapat melihat pemandangan kabupaten gowa. Saat menuju ke pos 5 pendaki mulai memasuki hutan. 


Posko 5 - Puncak

Pada saat dari pos 5 ke pos 6 pendaki mulai dapat melihat hutan lumut, pos 6 sampai 7 pendaki harus waspada karena terdapat tanaman berduri sehingga dapat membuat badan pendaki rawan terkena. Setelah melanjutkan perjalanan dari pos 7 ke pos 8 pendaki kembali dapat melihat hutan lumut hingga sampai di titik camp terakhir, di pos 8 juga terdapat sumber air sehingga sangat cocok untuk beristirahat. Pos 9 merupakan pos terakhir menuju puncak bulubaria disini pendaki memakan waktu ±1 jam 20 menit dari pos 8 dan 50 menit untuk utuk mencapai puncak. Saat berada di puncak bulubaria, pendaki dapat melihat keindahan lautan awan dan jika beruntung pendaki dapat langsung menyaksikan awan terjun yang menuju ke lembah lohe dan untuk waktu yang efektif melihat lautan awan ketika matahari terbit dan terbenam.


Sumber:https://www.detik.com/sulsel/wisata/d-5945719/mau-mendaki-puncak-2-730-mdpl-gunung-bulubaria-begini-jalur-ekstremnya


Penulis: Ahmad Nurdiansyah


Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL