Ini 3 Tren Wisata Desa Terbaru Yang Menarik Perhatian Global

Penulis:

Hal ini berawal dari terpilihnya destinasi wisata Raja Ampat di Papua Barat dalam penghargaan global oleh Lonely Planet, media global pariwisata yang berbasis di Amerika Serikat.


Raja Ampat terpilih menjadi satu dari enam destinasi global dari seluruh dunia yang direkomendasikan sebagai destinasi yang harus dikunjungi (must visit location) pada tahun 2023 sebagai unwind destination.



Penghargaan ini menjadi bukti bahwa begitu besarnya potensi wisata yang kita miliki dan tentunya menjadi harapan bagi kebangkitan destinasi pariwisata di Indonesia.


Sebagaimana yang dilansir dari Aktual.com, “Penghargaan ini membawa harapan akan kebangkitan destinasi pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelas dunia”.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat (18/11). 


Baca Juga: 

https://digitaldesa.id/artikel/50-desa-wisata-terbaik-desa-kamu-salah-satunya 


Hal unik yang juga disampaikan oleh Pak Menparekraf bahwa ini akan menjadi tren global yang baru (new trend) dalam sektor pariwisata.

“Penghargaan ini sekaligus membuktikan bahwa tren global pariwisata ke depan telah berubah dari 3S lama, yaitu Sand, Sun, and Sea menjadi 3S baru, yaitu Spirituality, Serenity, dan Sustainability,” Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat (18/11)

Tiga tren terbaru inilah yang dimiliki oleh Raja Ampat hingga mampu meraih urutan pertama dalam penghargaan global tersebut. Adapun desa yang berperan di belakangnya adalah Desa Arborek.

Menurut Sandiaga, Raja Ampat merupakan salah satu contoh destinasi yang lengkap 3S baru. “Salah satu desa di daerah tersebut, yakni Desa Wisata Arborek, berhasil dijadikan sebagai percontohan destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” ucapnya.


Pada intinya sektor pariwisata yang baik tidak cukup hanya menawarkan lokasi yang indah dan menarik. Melainkan juga lebih jauh menyentuh pada ranah kedamaian, keamanan, ketentraman, serta pembangunan yang berkelanjutan. 


Referensi: Aktual.com

Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL