Jadwal Lengkap CPNS 2024: Jangan Lewatkan Kesempatan Emas Ini!

Penulis:

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan bahwa rekrutmen CPNS 2024 dan PPPK dijadwalkan mulai dilakukan pada Maret 2024. Pendaftaran CPNS 2024 akan membuka 2,3 juta formasi.

Terbaru, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menunggu usulan peta jabatan dan informasi jabatan melalui Sistem Informasi ASN (SIASN) dari instansi pusat dan daerah.

"Saat ini kami sedang melakukan validasi usulan kebutuhan CASN yang sudah disampaikan instansi pusat dan daerah ke dalam e-formasi," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, ditulis, Rabu (21/2/2024).

Lebih detail, pemerintah mengumumkan proyeksi kebutuhan CASN 2024 secara nasional sebesar 2.302.543. Kebutuhan itu terdiri dari 690.822 CPNS, 1.605.694 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), serta 6.027 usulan sekolah kedinasan.

Tahapan Seleksi CPNS 2024

Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan, rekrutmen CPNS 2024 dan sekolah kedinasan rencananya akan dibuka sebanyak tiga periode.

  • Periode I akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi. Seleksi CPNS dan sekolah dinas yang akan dimulai pada minggu ke-3 bulan maret 2024. " jelas Haryomo dalam sesi raker Komisi II DPR RI.

Sementara untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dan seleksi kedinasan bakal dimulai pada pekan keempat bulan mei.


"Setelah seleksi kompetensi dasar akan dilakukan seleksi kompetensi bidang di minggu 1-4 Juli. Sehingga pengumuman periode pertama dilaksanakan minggu ketiga bulan agustus 2024," terang Haryomo.

  • Periode II seleksi CASN 2024 rencananya akan dilakukan pengumuman dan seleksi administrasi untuk CPNS dan PPPK pada pekan kedua Juli.

"Untuk seleksi kompetensi dasar CPNS dan seleksi kompetensi teknis bagi PPPK periode kedua ini akan dimulai minggu pertama agustus sampai dengan minggu pertama September," imbuhnya.

Setelah itu akan dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi peserta CPNS periode 2 di pekan kedua September hingga pekan ketiga Oktober. Sehingga pengolahan dan pengumuman hasil seleksi periode 2 dilaksanakan pekan 2 November 2024.

  • Periode III akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi bagi CPNS dan PPPK mulai pekan keempat Agustus. Lalu, SKD CPNS dan SKT bagi PPPK periode 3 akan dimulai pekan keempat Oktober sampai pekan ketiga November.

"Setelah SKD akan dilakukan seleksi kompetensi bidang bagi peserta CPNS periode 3 di minggu keempat november sampai dengan minggu ketiga desember. Sehingga pengolahan dan pengumuman seleksi periode 3 dilakukan pada minggu ketiga bulan Januari (2025)," tuturnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Azwar Anas, mengatakan rekrutmen Calon Aparatur Sipil negara (ASN) tahun 2024 juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan formasi untuk di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Kendati demikian, terkait jumlah formasi CPNS 2024 saat ini masih dalam tahap penghitungan untuk memastikan seberapa banyak kebutuhan di masing-masing Kementerian/Lembaga yang pindah ke IKN.

"Nanti akan kita hitung sesuai dengan kebutuhan kementerian/lembaga yang akan pindah ke IKN," kata Azwar Anas di Istana Kepresidenan, Jakarta.


Segera Unduh Digital Desa App by DIGIDES - Aplikasi di Google Play untuk mendapatkan informasi desa ter-update atau ajukan ketertarikan DISINI dan bawa desamu menuju desa digital !!


Penulis: Risna

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL