Potensi Usaha Franchise di Desa

Penulis:


Seiring dengan semakin tingginya minat masyarakat untuk membuka usaha atau menjadi usahawan diikuti dengan semakin banyaknya juga berbagai jenis peluang bisnis yang tersedia. Salah jenis bisnis tersebut adalah franchise atau bisnis waralaba.

Secara umum, bisnis waralaba adalah suatu bisnis di mana satu pihak memberi sejumlah imbalan ke pihak yang memegang Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) suatu bisnis agar dapat memanfaatkannya dan menggunakannya sesuai dengan perjanjian yang dibuat. 


Bisnis franchise juga tidak hanya tumbuh subur di daerah perkotaan, namun juga telah mulai merambah ke daerah pedesaan. Utamanya franchise yang berada di industri makanan, baik itu makanan ringan maupun berat, dan franchise di industri minuman. 


Berikut adalah beberapa hal yang membuat bisnis franchise cukup potensial dijalankan di desa, 


  1. Brand-nya Sudah Ada dan Bisnisnya Siap Dijalankan.

    Ini adalah keuntungan paling besar dari menjalankan suatu bisnis franchise, anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk memikirkan jenis bisnis apa yang ingin dijalankan dan bagaimana cara menjalankannya. 


  1. Dapat Dijalankan Walau Tanpa Pengalaman

    Karena brand dan model bisnisnya telah ada, maka bisnis franchise dapat dijalankan siapa saja walaupun belum mempunyai pengalaman dalam menjalankan bisnis. Apalagi pada umumnya franchise telah mempunyai standar operasional prosedur SOP yang jelas dan siap dijalankan  


  1. Rantai Pasokan Bahan Baku yang Jelas

    Persoalan bahan baku adalah salah satu hal yang paling krusial dalam berbisnis. Kebanyakan franchise telah mempunyai supplier tetap untuk bahan baku sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi mencari atau khawatir akan ketersediaan bahan baku. 


  1. Brand Sudah Dikenal Masyarakat

    Ini juga menjadi poin tambahan dalam menjalankan bisnis franchise, anda tidak perlu lagi membangun reputasi brand yang anda gunakan dari nol karena umumnya brand dalam bisnis franchise telah dikenal masyarakat. Apalagi untuk franchise yang telah lama berdiri.   


Agar potensi bisnis franchise dapat berjalan maksimal di desa, anda perlu mempertimbangkan hal ini dengan baik sebelum mulai menjalankan bisnis anda,


  1. Lakukan Riset Sederhana Untuk Target Pasar 

    Cobalah cari tahu kondisi demografi umum warga desa anda, seperti umur, pendapata dan pekerjaan. Hal ini penting agar anda dapat memprediksi produk apa yang mempunyai kemungkinan yang tinggi dilirik oleh masyarakat di desa anda. 


  1. Jangan Asal Pilih Franchise

    Terdapat berbagai macam brand dalam bisnis franchise yang berjalan di berbagai sektor industri. Oleh karena itu, sisihkanlah waktu baik-baik dalam mencari tahu mengenai brand tersebut, termasuk menanyakan berapa biayanya dan apa saja yang akan anda terima. 


  1. Lokasi Yang Baik

    Lokasi yang baik di sini adalah lokasi strategis di mana dekat dengan keramaian dan terlihat dengan baik. Oleh karena itu, merupakan suatu keuntungan jika anda mempunyai lokasi di jalan poros desa atau kecamatan, atau di dekat fasilitas umum seperti lapangan olahraga.

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL