Sahabat Desa Harus Sekolah

Penulis:

 

Sebagaimana yang sahabat desa ketahui bahwa pendidikan memiliki peranan penting dalam peradaban dan pembangunan bangsa. Seorang Nelson Mandela pun mengatakan “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan pendidikan, Anda dapat mengubah dunia”. Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan, sebab pendidikan akan selalu hadir dalam setiap sendi kehidupan kita.

 

Maka dari itu, pendidikan sangatlah penting diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia tak terkecuali yang ada di desa ataupun di pelosok negeri. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat (1) yang berbunyi “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”.

 

Lantas, apa aja sih alasan sahabat desa harus menempuh pendidikan yang layak?

1.    Desa menyimpan potensi alam yang sangat besar

Secara geografis, lingkungan desa berhadapan langsung dengan keberagaman potensi alam yang begitu banyak. Mulai dari wisata alam, sumber-sumber kekayaan dalam bumi, potensi hutan, dan sebagainya. Nah, sudah saatnya sahabat desa mengambil alih semua pengelolaan alam tersebut untuk kemajuan masyarakat desa. Dan yang terpenting, sahabat desa perlu mengenyam pendidikan untuk menambah ilmu dan wawasan yang luas. Jangan biarkan potensi alam di desa habis dikelola oleh orang lain.

 

2.    Perkembangan globalisasi yang begitu pesat

Perkembangan teknologi informasi yang kini sudah berada di era 4.0 membuat persaingan global semakin meningkat. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi masyarakat khususnya di desa untuk tetap bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan arus teknologi dan informasi ini. Maka dari itu, pendidikan dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas sahabat desa dalam mengikuti alur dunia yang super modern. Jangan mau ketinggalan, ya.!

 

3.    Lapangan Pekerjaan

Salah satu hal yang kerap menyibukkan pikiran masyarakat yaitu lapangan pekerjaan. Begitu ketatnya persaingan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan biasanya dikarenakan ketersediaan lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan banyaknya pencari kerja. Di samping itu, tingkat pendidikan juga menjadi indikator kesuksesan para pencari kerja. Jadi, sahabat desa juga perlu mengenyam pendidikan untuk yang satu ini.

 

Itulah beberapa alasan mengapa sahabat desa harus bisa menempuh pendidikan yang layak. Sudah saatnya sahabat desa bangkit untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti perkembangan teknologi, mendapat pekerjaan yang layak, dan juga melakukan pembangunan di desa masing-masing.

 

 Penulis : Wahyu Akbar

 

 

 

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL