Warga Desa Batang Uru Kabupaten Mamasa Lakukan Inovasi Listrik Berbasis Mikro Hidro. Raih Inspirasinya Disini!

Penulis:

Desa selalu menyimpan jutaan keindahan apalagi jika dilihat dari kemurnian alamnya yang masih sangat terjaga. Dibandingkan dengan perkotaan, daerah pedesaan terkesan lebih asri, hijau, dan rindang


Namun sayangnya, keindahan di desa ini biasanya hanya dapat dinikmati di waktu siang. Dikala malam datang, keindahannya berubah jadi hampa dan gelap. Hal ini dikarenakan minimnya akses listrik yang masuk di desa. Padahal bila disinergikan dengan alam yang ada di sekitar, di desa pun bisa mendapatkan fasilitas penerangan yang baik seperti di kota.


Baca Juga: Memetik Inspirasi dari Kampung Sumber Agung, Terbaik Satu dari 15.000 Desa dalam Lomba Desa/Kelurahan Nasional


Tak mau kalah dengan keadaan di desa, warga desa yang ada di Batang Uru, Mamasa, Sulawesi Barat membuat sebuah inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Dengan membuat program inovasi desa tersebut, kini masyarakat desa di sana bisa menikmati listrik pada malam hari. 


Program ini pada awalnya hanya dilakukan secara mandiri oleh masyarakat desa dan menghasilkan daya 3kW. Kemudian setelah itu mereka membangun kerjasama dengan pihak ketiga dan mampu menghasilkan daya berkapasitas 8 kW untuk menerangi 50 KK.


Baca Juga: Kamu Bisa Dapatkan Set Top Box Gratis Melalui Cara Ini


Kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang telah mulai beroperasi pada tahun 1993 hingga saat ini terus memberi dampak hingga ke daerah lebih timur Indonesia sebagai penyedia mesin turbin.


Berbagai keunggulan PLTMH sendiri, yaitu potensi air yang melimpah, teknologi yang andal dan kokoh, sehingga mampu beroperasi lebih dari 15 tahun, teknologi ramah lingkungan dan terbarukan, serta efisiensi yang tinggi mencapai 70-85 persen.


Penulis: Wahyu Akbar

Referensi: Berdesa.com

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL