Strategi Jitu Kembangkan Potensi Desa. Yuk Simak Penjelasannya!!

Penulis:


Halo Sahabat Desa, setuju ga kalo semua desa sebenarnya punya potensi yang mahal harganya? Setuju ga kalo desa sebenarnya menyimpan potensi pembangunan terbesar untuk negeri?

Nah sahabat desa, tentunya di desa kita masing-masing pasti selalu ada potensi desa yang dapat kita kembangkan. Entah dalam bidang perkebunan, pertanian, kelautan, wisata alam, dan sebagainya. Dalam kesempatan ini, kita akan membahas seputar pengembangan sektor potensial yang kita punya di desa masing-masing.

Dalam pengembangan potensi desa, tentunya sahabat desa butuh strategi yang apik agar pengembangannya bisa maksimal. Salah satu analisis strategi yang dapat digunakan yaitu analisis SWOT. Terdapat 4 poin yang perlu kita pahami dalam analisis SWOT, yakni:


  • Strategi Strength Opportunities (Kekuatan-Peluang)

Strategi ini berupaya untuk memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk meraih peluang-peluang yang ada di internal maupun lingkungan eksternal. Melalui strategi ini, sahabat desa bisa memetakan segala potensi yang menjadi kekuatan desa dan melihat peluang yang ada di lingkungan luar desa kita. Misal dalam potensi wisata alam, sahabat desa bisa melakukan branding dan memasarkan melalui media. Peluangnya sangat besar karena perkembangan media yang begitu pesat saat ini dan banyak orang yang membutuhkan healing heheh. Contoh lain dalam pengembangan potensi perikanan, sahabat desa bisa melakukan Kerjasama dengan berbagai rumah makan yang butuh pemasokan bahan baku ikan.  Peluangnya pun sangat besar karena makanan tidak akan ada duanya sebagai kebutuhan primer. Sahabat desa hanya perlu membuat brand ditambah dengan pemasaran yang menarik.

Strategi ini memanfaatkan kekuatan untuk menghadapi segala bentuk ancaman yang dapat merusak potensi yang sahabat desa miliki. Misalnya dalam sektor wisata, sahabat desa perlu melakukan sertifikasi produk industri wisata untuk memperkuat legalitas. Contoh lain, sahabat desa perlu membuat aturan dan keamanan yang ketat bagi para pendatang atau investor agar tidak semena-mena terhadap potensi desa yang kita miliki.

  • Strategi Weakness-Opportunity (Kelemahan-Peluang)

Strategi ini berusaha meminimalisir kelemahan berdasarkan potensi yang dimiliki. Misalnya sahabat desa punya potensi berupa banyaknya pemuda namun disisi lain kelemahannya adalah minimnya pengetahuan terhadap potensi desa yang dimiliki, nah maka strategi yang tepat sahabat desa lakukan adalah mengadakan pelatihan kewirausahaan untuk para pemuda. Selain itu, sahabat desa juga bisa membangun jejaring yang baik dengan para stakeholder yang dapat membantu mengembangkan potensi desa yang dimiliki.

  • Strategi Weakness-Threats (Kelemahan-Ancaman)

Strategi ini berusaha bertahan dengan meminimalisir kelemahan dan menghindari ancaman yang datang. Dalam strategi ini, sahabat desa bisa melakukan edukasi kepada masyarakat tentang potensi desa yang dimiliki dan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga kelestarian potensi desa.

Nah jadi itu strategi yang dapat sahabat desa lakukan dalam melakukan pengembangan terhadap potensi desa yang sahabat desa miliki. Tentunya masih banyak hal lain yang dapat dilakukan sesuai dengan kondisi desa masing-masing di samping beberapa contoh yang dipaparkan tadi.


Yukk,, Mari majukan desa kita, bergerak dari desa untuk desa..!!

Penulis: Wahyu Akbar

 

 

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL