Sudah Saatnya Semua Desa Ber-Transformasi Menuju Digital Desa..!

Penulis:

Tranformasi dunia teknologi informasi yang begitu pesat membuat hampir semua sektor kehidupan tidak terlepas dari sistem digital. Mulai dari urusan pribadi dari bangun hingga tidur kembali maupun urusan umum di berbagai tempat. Salah satu sektor yang vital yang juga dituntut perlu bertransformasi dengan dunia digital yaitu sektor Pemerintahan Desa.

 

Sebagaimana yang sahabat desa ketahui bahwa pemerintahan merupakan lembaga resmi negara yang bertindak memberikan pelayanan kepada masyarakat baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah. Transformasi Digital di sektor pemerintahan dapat menjadi solusi di tengah tantangan global yang melanda dimana semua sistem pelayanan dituntut untuk berjalan secara efektif dan efisien dan sesuai dengan prinsip-prinsip good governance (tata Kelola pemerintahan yang baik)

Sahabat desa tentunya juga pernah melihat atau merasakan beberapa permasalahan birokrasi pelayanan di Indonesia seperti, pelayanan yang berbelit-belit, pelayanan yang memakan waktu lama, dokumen atau arsip yang begitu banyak, dan sebagainya. Sangat meresahkan bukan? Apakah sistem birokrasi seperti ini masih terjadi di lokasi yang sahabat desa tempati?

Sudah saatnya sistem pemerintahan khususnya Pemerintahan Desa bertransformasi menuju digitalisasi. Hal inilah yang menjadi alasan DIGIDES (Digital Desa) hadir sebagai solusi dan teman setia di tengah permasalahan pelayanan dan administrasi di pemerintahan desa. DIGIDES hadir dengan layanan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi untuk pelayanan publik dan percepatan pengembangan perekonomian. DIGIDES berfokus pada tiga aspek pelayanan untuk institusi pemerintahan desa. Tiga aspek pelayanan tersebut, yakni:

·         Peningkatan Kecepatan Kerja

Kecepatan kerja ini yang biasanya ditempuh dari waktu 1 jam hingga 5 hari, kini dengan sistem teknologi yang terintegrasi dari DIGIDES kecepatan pelayanan bisa ditempuh dengan waktu 1-5 menit saja.

·         Peningkatan Kualitas Data dan Layanan

DIGIDES menawarkan kualitas data dan layanan berbasis smart system. Segala fitur yang ada otomatis bekerja untuk mengelola data dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Hal ini tentunya juga sangat mempermudah pekerjaan aparatur pemerintahan desa dalam setiap aktivitas pelayanan dan administrasi.

·         Peningkatan Penyebaran Informasi Kepada Masyarakat

Penyebaran informasi di desa yang biasanya masih terbatas dari mulut ke mulut kini dapat ditingkatkan melalui sistem digital yang dapat menjangkau jaringan tak terbatas. Sehingga penyebaran informasi terkait pelayanan desa, potensi wisata desa, UMKM desa, dan semacamnya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Ingin lebih tahu lebih banyak mengenai Digital Desa? silahkan kunjungi website kami di digitaldesa.id


Penulis : Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL