Sukses BUMDesma, Sukses Perekonomian Desa. Ini Rahasianya!

Penulis:

Sektor perekonomian memegang peranan penting dalam pembangunan desa. Nah untuk menjadi desa yang kuat tentunya mesti ditopang dengan perekonomian yang kuat pula. Keberadaan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) diyakini membawa tatanan perekonomian di wilayah pedesaan menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan BUMDesma didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat desa untuk saling bekerja sama dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan, serta kemakmuran masyarakat desa. 

Salah satu wujud nyata peranan BUMDesma dapat kita lihat di Desa Mojosari, Kab. Temanggung. BUMDesma di desa ini sudah mampu merangkul 13 desa yang ada di Kecamatan Bansari, dan mampu menguasai 50 persen ekonomi di tingkat desa loh!

Keberhasilan BUMDesma di Desa Mojosari ternyata dikarenakan mampu memberdayakan seluruh produk UMKM desa seperti, kopi, makanan ringan, batik, kerajinan dan juga produk pertanian lainnya. Selain itu juga dikarenakan penjualan yang menggunakan platform digital, wah keren!


Baca juga 

https://digitaldesa.id/artikel/inilah-tips-beternak-ayam-petelur-dijamin-sukses

https://digitaldesa.id/artikel/usaha-digital-minim-budget-mari-simak-penjelasannya

https://digitaldesa.id/artikel/kisah-inspiratif-pahlawan-perekonomian-di-desa-sumberagung


Yuk kembangkan perekonomian desa kita melalui BUMDesma dan gunakan platform digital sekarang juga!

Untuk itu segera unduh KIOS DIGIDES di Google PlayStore


Referensi: https://jatengprov.go.id/beritadaerah/bumdesma-berdayakan-potensi-ekonomi-desa/


Penulis: Wahyu Akbar

Bagikan:

ARTIKEL LAINNYA

SSL